Deskripsi Tentang Mekanika Teknik - Mektek

Salam sipil  bagi kita semua , bagaimana pengetahuan anda tentang mekanika teknik , apakah sudah mengerti dasar dari pada pelajaran mekanika teknik ?? disini saya akan memberikan sedikit deskripsi tentang mekanika teknik. Deskrispsi materi mekanika teknik, dalam mekanika teknik secara umum adalh ilmu mekanika benda padat yang berhubungan dengan pemecahan masalah gaya - gaya yang bekerja pada suatu struktur misalnya berupa gedung, kanal, saluran, mobil, dan lain sebagainya yang tidak dapat dipisahkan dari struktu itu sendiri.

Mekanika teknik khusus untuk bidang ilmu teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari perilaku sistem struktur suatu bagunan akibat pengaruh gaya luar. Bangunan yang dimaksud adlah struktur bangunan teknik sipil. Antara lain bagunan gedung, bangunan jembatan, jalan, bangunan air, lapangan terbang dan sebagainya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku gaya antara lain :
  1. Jenis struktur bangunan
  2. Kondisi Tanah 
  3. Pengaruh angin
  4. Getaran 
  5. Bahan banguan yang digunakan
Pengaruh terhadap sistem struktur dinyatakan dalam bentuk momen , gaya normal , gaya melintang, dan momen torsi, lendutan, dan sebagainya. Hal - hal yan dipelajari dalam mekanika teknik mencakup deskripsi komponen - komponen yang bekerja dalam suatu sistem struktur ,perilaku strukt akibat beban ( gaya luar ) yang diterima , dan pengaruh baghan terhadap perilaku struktur pada kondis struktur statis tertentu dan tak tentu .

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Saturday, April 12, 2014