Konsepsi Manajemen Proyek

Proyek merupakan suatu paket/ rangkaian kegiatan , yang dilakukan dalam jangka tertentu , dengan alokasi sumber daya tertentu , dan untuk mencapai sasaran tertentu yang telah digariskan dengan jelas.
Adapun ciri - ciri proyek 
  • Merupakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung
  • memiliki tujuan khusus / sasaran & kriterria yang cukup jelas Jangka waktu pelaksanaan sudah pasti / terbatas , sehingga jadwal kegiatan harus di tentukan
  • tidak rutin ataupun tidak berulang - ulang.
Selain mempunyai ciri-ciri proyek juga harus mempunyai kriteria bagimana supaya proyek itu berhasl sesuai dengan rencana diantaranya adalah:
  1. Menggambar realitas situsi pengambilan keputusan
  2. kapabel untuk dilaksanakan 
  3. fleksibel dalam menghasilkan produk yang diharapkan
  4. mudah di implementasikan 
  5. cos effectineness
Jika kita bandingkan Proyek dengan Program itu berbeda, dimana proyek adalah rangkaian bagian dari pada program, berlangsung dalam jangka waktu yang telah ditentukan ( terbatas ) dengan alokasi sumber daya dan untuk mencapai sasaran yang telah di tentukan yang indikatornya jelas. Sedangkan program adalah sederetan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.


Jadi perlu kita ketahui bagian proyek dan program akan cukup jelas kita paham kalua kita sudah mengerti dengan keduanya salah satu kata yang dapa di ingat adalah kegiatan yang telah dilakukan bukan lagi dinamakan suatu program. Terimas kasih atas perhatian nya semoga bermanfaat salam sipil.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, April 14, 2014

1 komentar: