Mendesign Penampang Sap 2000

Membagi model menjadi element-element kecil, pada Analisa struktur SAP2000 dan untuk artikel sekarang ini mempelajari tentang Mendesign penampang sap2000. Untuk melakukan Desain PenampangSAP2000 diperlukan untuk mengevaluasi apakah penampang yang dipakai dalam analisa struktur memenuhi syarat kekuatan, kekakuan, atau daktilitas yang ditetapkan dalam peraturan yang berlaku.

Untuk itu, maka mcuan untuk evaluasi adalah design-code yang umumnya dikategorikan (dapat digeneralisasikan) formatnya dalam dua cara, yaitu: Elastik/tegangan izin, misal Allowable Stress Design dari AISC, peraturan baja, atau kayu Indonesia yang lama. Ini merupakan konsep klasik. 


Ultimate/Limit State Design, misal ACI 318 - 2002 untuk struktur beton atau AISCLFRD 1993 untuk struktur baja yang diadopsi di Indonesia sebagai SNI 03 – 1729 – 2000 yang baru. Ini sudah merupakan konsep modern saat ini. Perlu diketahui bahwa sesungguhnya, Analisis struktur SAP2000 dan Desain penampang adalah dua bagian yang berbeda.

Meskipun demikian, pada program-program tertentu, misalnya SAP2000, kedua opsi tersebut tersedia. Oleh sebab itu, dianjurkan kepada yang memakainya harus hati-hati. Contoh, rangka batang/truss dengan profil siku tunggal dan H tidak ada bedanya dalam analisa struktur, tetapi dalam desain penampang, kedua profil mempunyai prosedur yang berbeda.

Ini dikarenakan pada Desain penampang SAP2000 profil siku tunggal belum ada di SAP2000 v 7.4, tetapi program dapat menghitung karena profil tersebut dianggap sama seperti profil H. Mendesign Penampang Sap 2000 salah satu teori yang telah di terbitkan dari kumpulan dari berbagai refrensi buku, kunjuagan anda akan membangun Ilmu Teknik Sipil Indonesia beserta kritik dan saran saya tampung di komentar bawah postingan artikel ini , semoga bermanfaat. good luck

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, April 04, 2014