Penjelasan Teknik Sungai - TEKNIK SIPIL

Sungai adalah aliran air tawar dari sumber alamiah di daratan menuju dan bermuara di danau, laut atau samudra.Daerah aliran sungai (DAS) adalah suatu daerah yang terhampar disisi kiri kanan dari suatu aliran sungai. Sungai merupakan kekayaan alam yg cukup besar manfaatnya. Namun kadang manusia juga mengotorinya dengan ulah mereka dan menimbulkan dampak yang sangat besar. 

Berdasarkan sumber air.
Sumber airnya mendapat langsung dari air hujanSungai hujan Ex: sungai-sungai di perbukitan kapur, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sumber airnya berasal dari salju yg mencair/pencairan es. Ex: Sungai Memberamo di Irian Jaya sumber airnya berasal dari air hujan dan gletser (es/salju).Ex: Sungai Memberamo dan Digul di Irian Jaya.





Berdasarkan kontinuitas aliran/debit air

Hanya mengalir jika ada hujan, Sungai ephemeral mengalir pada musim hujan, sedangkan musim kemarau kering, Sungaiintermitten .Sungai  mengalir sepanjang tahun krn musim hujan dan musim kemarau. perenial   sungai-sungai di Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya selalu ada sehingga antara musim hujan dan kemarau beda aliran kecil bisa sebagai sungai permanen: mengalir sepanjang tahun  bisa sebagai sungai periodik: antara musim hujan dan kemarau beda aliran semakin besar sebagai akibat rusaknya hutan permanen.

Pola aliran radial menjari seperti di daerah vulkan/gunung berbentuk kerucut. Biasanya terdapat di daerah pegunungan lipatan merupakan pola aliran sungai yg berbentuk sirip daun atau trelis  Pola aliran trelis . Pola  merupakan pola aliran berbentuk sudut siku-siku atau aliran rektangular   terdapat di daerah patahan atau pada batuan yg tingkat hampir siku-siku  kekerasannya berbeda. Biasanya terdapat di daerah kubah (domes) pola aliran sungai yang melingkar Pola aliran annular Berdasarkan arah aliran

Berdasarkan struktur geologi
Sungai  sungai yang dapat mengimbangi pengangkatan daerah lapisan anteseden   batuan yangÞjadi setiap terjadi pengangkatan maka air sungai akan dilaluinya  mengikisnya Ex: Sungai Oya di Yogyakarta yang mengikis Plato Wonosari Sungai  Ex: sungai yang tidak dapat mengimbangi adanya pengangkatan reverse  Sungai Bengawan Solo dulunya bermuara di Laut Selatan, sekarang muaranya di Laut Jawa. Tak disangsikan lagi, arung jeram telah menjadi suatu kegiatan yang sangat popular dibandingkan dengan kegiatan ke petualangan lainnya.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, April 08, 2014

0 komentar:

Post a Comment