Prospek Bidang Pekerjaan Teknik Sipil

Dunia teknik sipil sangat membutukan imajinasi yang sangat kuat dan akurat pendapatnya, adakah yang mengangur setelah lulus dari jurusan teknik sipil sewaktu kuliah,?? ini akan menjadi pertanyaan bagi yang mau mengambil mata kuliah jurusan teknik sipil. kalau bicara tentang penganguran banyak sekali saat ini yang lulusan S1 mash dalam pencarian pekerjaan. apa penyebabnya??.

Dalam proses perkuliahan mungkin tidak terlalu fokus dalam belajar , padahal masa kuliah itu lah bekal untuk dunia kerja nantinya. kalau untuk jurusan teknik sipil yang telah lulus dengan nilai yang bagus dan mempunyai skill untuk bekerja, ini tidak akan mengangur, bahkan dunia kerja akan mencari orang seperti ini.Disini saya akan menjelaskan berbagai prospek pekerjaan lulusan teknik sipil dan bagaimana hubungan kerja dengan masyarakat.

Lulusan teknik sipil itu didefinisikan sebagai praktek merancang, membangun dan memelihara lingkungan, teknik sipil adalah industri yang berkembang yang memberi dukungan penting di sektor publik dan swasta. Lulusan Teknik Sipil dapat memilih untuk mengambil spesialisasi di berbagai bidang studi; baik dari rekayasa struktural, teknik lingkungan hingga nanoteknologi. 

Luasnya bidang Teknik Sipil yang menjamin banyaknya pilihan karir membuat teknik sipil menjadi pilihan populer di kalangan mahasiswa. Walau kebanyakan orang berpikir bahwa Teknik Sipil adalah bagian dari teknologi modern, sesungguhnya industri ini sudah ada sejak tahun 4000 Sebelum Masehi; dimana transportasi telah dibutuhkan untuk keperluan membangun bangunan seperti Piramida Mesir dan Tembok Raksasa Cina. 

Akan tetapi istilah 'Teknik Sipil' baru muncul di tahun 1800 untuk membedakan teknik yang dikhususkan untuk kegiatan militer dengan yang bukan untuk kegiatan militer. Prospek kerja yang tersedia untuk para lulusan Jurusan Teknik Sipil cukup beragam, tergantung modul mana yang mereka pilih sewaktu kuliah. Para lulusan bisa memilih untuk bekerja di bidang seperti properti, konstruksi, maupun produksi. 

Gaji rata-rata untuk lulusan Teknik Sipil di Inggris termasuk tinggi, yaitu £23,720 per tahun. Keistimewaan lain adalah, pekerjaan di bidang ini sering kali mengharuskan Anda untuk berpergian ke banyak tempat untuk mencari data dan informasi penting untuk menyelesaikan proyek Anda. Tentu saja ada pekerjaan di luar Bidang Teknik Sipil untuk para lulusan. Banyak juga lowongan kerja yang tersedia di Bidang Bisnis, Hukum, Jurnalisme dan Pendidikan.


Adapun Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Itu sebagai berikut:
  1. Spesialisasi struktur.
  2. Manajemen konstruksi
  3. Geoteknik.
  4. Transportasi dan sumber daya air
Banyak orang yang pengen tau bagaimana nantinya saya kalau sudah menyelesaikan kuliah saya sesuai dengan jurusan teknik sipil , ada beberapa bidang pekerjaaan yang termasuk lulusan teknik sipil antara lain adalah:
  • Direktur perusahaan , lulusan sipil jadi direktur perusahaan jabatanya sebagai ketua di dalam perusahaan tersebut yang mana akan bertugas sebagai menajemen berjalannya suatu perusahaan.
  • Manager teknik, dalam pengendalian biaya proyek , mengatur menajemn proyek pembuatan desain gambar kerja proyek.
  • Manager lapangan, sebagai mandor kerja, yang bertugas sebagai mengatur kerja agar berjalan dengan proses yang baik.
  • Dosen
  • Surverior, pengukuran.
  • Superitendent/pelaksana dilapangan, mengarahkan mandor maupun pekerja.
  • Mandor, mengarahkan tukang bangunan.
Selain itu masih banyak lagi prospek pekerjaan lulusan teknik sipil yang sering berhubungan dengan pekerjaan lain misalnya:
  • Bekerja dibadan keuangan negara
  • TNI / POLRI
  • Kepala lurah
  • Departemen perpajakan
  • Departemen tenaga kerja
  • Depertemen pekerjaan umum / PU
Jurusan teknik sipil itu memang diakaui sangat susuh dalam masa perkuliahan , namun setelah lulusan dengan baik , akan mempunya banyak peluang kerja , jadi lah lulusan teknik sipil yang baik, memanfaatkan waktu untuk belajar sangat besar harganya dikemudian hari. solusi dan komentar dapat diterima dibawah posting salam sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, April 08, 2014