Struktur Perkerasan Jalan Raya - Payement

Pembahasan kali ini mari kita bahas tentang perkerasan jalan raya kita akan lebih mengetahui apa sebenarnya perkersasan jalan raya dan bagaimana jenis perkerasan jalan raya itu saya akan memperjelas sedikit dari bahan perkerasan jalan raya berikut.

Pekerasan jalan raya adalah campuaran agreagat dan bahan ikat ( binder ) yang diletakkan atas tanah dasar dari pemadatan untuk melayai beban lalu lintas. Tujuan utama pembuatan struktur perkerasan jalan raya adalah untuk mengurangi tegangan atau tekanan akibat beban roda sehingga mencapai tingkat nilai yang dapat diteriman oleh tanah yang menyongkon beban tersebut.

Berdasarkan bahan pengikat konstruksi perkerasan jalan dibedakan menjadi tiga jenis konstruksi perkerasan yaitu:
  1. Konsrtuksi perkerasan lentur ( flexsible pavement )
  2. Konstruksi Perkerasan kaku ( rigit pavement )
  3. Konstruksi perkerasan komposit ( composite payement )

Konsrtuksi perkerasan lentur ( flexsible pavement )
Merupakan perkerasan yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikat . Disebut " lentur " karena konstruksi ini mengijinkan terjadinya deformasi vertikal akibat beban lalu lintas. Fungsi dari lapisan ini adalah memikul dan mendistribusikan  beban lalu lintas dari permukaan sampai tanah dasar. Salah satu jenis perkerasan lentur adalah Hot Rolled Asphalt ( PA) serta Asphalt Concrere ( Ac ).

Konstruksi Perkerasan kaku ( rigit pavement )
Merupakan perkerasan  yang menggunakan semen  ( Porland Cement ) sebagai bahan pengikat. Disebut "kaku" karena pelat beton tidak terdefleksi akibat beban lalu lintas / transportasi dan desain untuk umur 40 tahun sebelum dilaksanakan rekonstruksi besar - besaran. Beban lalu lintas sebagian besar dipikul oleh pelat dengan atau tanpa tulangan yang diletakkan diatas tanah dasar dengan atau tanpa lapisan dasar.

Konstruksi perkerasan komposit ( composite payement )
Merupakan yang mengkobinasikan antara aspal dan semen (PC) sebagai bahan pengikatnya. penyusun lapisan komposit terdiri dari dua jenis. Salah satu jenis perkerasan komposit adalah merupakan penggabungan secara berlapis antara perkerasan lentur ( menggunakan aspal sebagai bahan pengikat ) dan perkerasan kaku (menggunakan semen (PC) sebagai bahan pengikat.

Biar sahabat sipil semua tahu bahwa pada umumnya jenis perkerasan yang dipakai di indonesia adalah perkerasan lentur Dan susunan struktur jalan (perkerasan lentur) di Indonesia pada umumnya mengacu kepada standar USA. Terimahkasih telah membaca artikel ilmu teknik sipil indonesia salam sejahtera dan salam sipil.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, April 11, 2014

0 komentar:

Post a Comment