Tiga Pengertian Zona Lapisan Tanah - Mekanika Tanah

Salah satu mata ajar mahasiswa teknik sipil yang mempelajari tentan mekanika tanah , dibah ini saya hanya menjelaskan klasifikasi ait tanah termasuk zona yang penting diketahui pada Lapisan air  tanah.
Air tanah merupakan sebagai air yang terdapat di bawah tanah permukaan bumi, Salah satu sumber utama air ini adalah air hujan yang meresap kedalam tanah lewat ruang pori diantara butiran tanahnya. Air biasanya berpengaruh pada sifat -sifat tekniks tanah , khususnya tenah berbutir halus. 

Beberapa faktor yang sangat penting dalam masalah - masalah teknis yang berhubugan dengan tanah sebagai berikut :


  • Penurunan
  • Stabilitas pondasi
  • Stabilitas lereng dan lain sebagainya
Hal yang terpenting pada lapisan tanah yang dekat dengan bumi ada tiga zona lapisan tanah yaitu:
  1. Zona jenuh air
  2. Zona kapiler
  3. Zona jenuh sebagian
Zona jenuh air , ataupun zona dibawah muka air tanah air mengisi seluruh rongga - rongga tanah. Pada zona ini tanah dianggap dalam kedudukan jenuh sempurna. Batas dari zona jenuh merupakan permukaan air tanah ataupun ( water table ) / permukaan freatis dan tekanan hidrostatis pada permukaan air tanah adalah nol.

Zona Kapiler letak zona kapiler terletak diatas zona jenuh, dan ketebalan zona ini tergantung dari jenis tanahnya. Akibat tekanan kapiler , air terhisap keatas mengisi ruangan diantara butiran tanah. Pada keadaan seperti ini air mengalami tekanan negatif.

Zona jenuh sebagian aatupun zona tak jenuh, berkedudukan paling atas , yang merupakan zona yang dekat permukaan tanah, dimana air dipengaruhi oleh penguapan dari akar tumbuh - tumbuhan.




Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Saturday, April 05, 2014

0 komentar:

Post a Comment