Unsur Pembentuk Identitaas Nasional

Identitas nasional indonesia merujuk pada suatu bangsa yang majemuk. Kemajuan itu merupakan gabungan dari unsur - unsur pembentuk identitas yaitu suku bangsa , agama kebudayaan.

Suku bangsa merupakan golongan sosial yang khusus bersifat askriptif yang artinya sudah ada sejak lahir, yang sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin. Bangsa indonesia terdapat banyak suku bangsa atau kelompok etnis dengan tidak kurang dari 300 dialek bahasa.

Populasi penduduk indonesia saat ini deiperkirakan mencapai 210 juta. Dari jumlah tersebut diperkirakan separuhnya beretis jawa, sisanya terdiri dari etis - etis yang mendiami kepulauan luar jawa.

Agama , Bangsa indonesia dikenal dengan agamis , agama - agama yang bertumbuh dan berkembang di nusantara adalah Islam, Kristen ,Khatolik , Hindu , Budha,dan Kong hu cou. Agama Kong Hu Cu pada masa orde baru tidak diakui sebagai agama resmi oleh negara. Tetapi sejak pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid , Agama resmi negara dihapuskan.

Kebudayaan merupakan pengetahuan manusia sebagai mahluk hidup sosial yang isinya adalah model - model pengetahuan secra kolektifyang digunakan oleh pendukung - pendukung nyauntuk menafsirkan dan memaahami lingkungan yang ldihadapi dan digunakan sebagai rujukan atau pedoman untuk bertindak sesuai dengan lingkungan yang dihadapi.

Bahasa merupakan unsur pendukun identitas nasional lain. Bahasa dipahami dengan sistem perlambang yang secara arbiter dibentuk atas unsur - unsur bunyi ucapan manusia yang digunakan sebagai sarana berinteraksi antar manusia.

Keempat unsur diatas merupakan sebagi identitas nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itsi mengucapkan banyak terimahkasi atas pembacaan artikel ini semoga bermanfaat , silahkan tambahkan komentar anda di bawah tulisan, itsi akan segera merespon anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua salam sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Sunday, April 20, 2014

0 komentar:

Post a Comment