Menghitung Rencana Anggaran Biaya RAB Bangunan Rumah

Bagaimana cara menghitung rencana anggaran biaya atau RAB bangunan rumah, sebelum bicara membangun rumah terlebih dahulu kita harus mengetahui seberapa besar biaya yang akan di keluarkan dalam pembangunan rumah tersebut. Maka dari itu melakukan rencana anggaran biaya dapat melakukan seperti sistem analisa harga dalam satuan m2 bangunan.

Dalam perhitungan pada sistem m2 bangunan dapat dilakukan dengan mengetahui berapa luas bangunan yang akan dibangun dan selanjutnya berbicara dengan soal harga bangunan per m2. Dengan cara menghitung rencana anggaran biaya seperti ini akan lebih memudahkan proses tanpa memerlukan ataupun membutuhkan waktu yang lama.

Untuk lebih memahami proses perhitungan rencana anggaran biaya tersebut bisa melihat contoh dibawah ini:

Sesorang akan membangun rumah pada suatu bidang lahan yang telah di ukur dengan lebar 6 m dan mempunyai panjang 10 m , dan untuk harga bangunan per m2 rumah yang akan dibangun misalnya lebih kurang Rp.2.500.000,00.

Maka untuk menghitung anggaran biayanya adalah luas bangunan = PxL ( Panjang x Lebar ) 10m x 6m = 60m2. Dengan mendapatkan hasil luas bangunan tersebut maka  RAB / rencana anggaran biaya bangunan rumah tersebut adalah hasil perkalian luas bangunan rumah dengan harga bangunan per meter persegi yaitu 60m2 x Rp.2.500.00.00,00 = Rp.150.000.000,00 ( Tebilang : seratus lima puluh juta rupiah)

Cara menghitung RAP / rencana anggaran biaya pada bangunan rumah tersebut merupakan cara yang sangat simple dibanding dengan cara menghitung anggaran biaya bangunan rumah sistem analisa harga satuan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, June 19, 2014

3 komentar:

  1. masihkah relefan untuk menghitung dengan harga segitu? Soalnya sekarang harga bahan bangunan sudah naik semua

    ReplyDelete
  2. numpang iklan gan. MEMBANGUN dgn KWALITAS (jabodetabek)
    jika anda ingin bangun/renovasi Rumah dgn tampak yang MENARIK dan mutu yang BERKUALITAS, tentunya harus diawali dengan DESIGN, RAB, dan PELAKSANAAN, hub/sms 087878415322 email : jonrizal_86@yahoo.co.id
    kami juga dapat merenovasi rumah SATU LANTAI JADI DUA LANTAI dengan catatan plafond bangunannya saat ini cukup tinggi >dari 4.5m, tidak perlu tambahan PONDASI, karena lantai yang kami tawarkan cukup ringan….pada saat dikerjakan rumah tetap bisa di tempati.

    ReplyDelete
  3. Nilai harga per m2 sangat berpengaruh terhadap spesifikasi material yang dipake. Membuat rab harus selalu update harga bahan bangunan

    ReplyDelete