Perencanaan Jalan Raya Teknik Sipil

Perencanaan jalan raya teknik sipil. artikel ini membahas tentang jalan raya, Apa itu jalan raya? Jalan raya merupakan salah satu jalan utama yang dapat menghubungkan dari suatu daerah dengan daerah lainya. Dalam arti lain jalan dari adalah salah satu jalur yang terpenting yang akan menemukan satu titik ke titik yang berbeda pada jalur yang sama.

Adapun jalan raya mempunyai beberapa ciri-ciri antara lain:
- Jalan raya digunakan untuk kenderaan bermotor
- Jalan raya digunakan oleh masyrakat umum
- Jalan raya berdasarkan oleh biaya dari perusahaan negara
- Dalam penggunaannya jalan raya diatur berdasarkan undang-undang pengankutan

Pada umum nya di jalan raya juga mempunyai batasan-batasan yang bisa digunakan oleh beberapa kenderaan. Tidak semua kenderaan bermotor dapat melalui jalan raya , dengan adanya undang-undang pengangkuta maka penggunaan jalan raya harus kita ketahui batasanya.

Lalu bagaimana perencanaan jalan raya ataupun pembangunan jalan raya? Untuk pembangunan jalan raya pada dasarnya merupakan proses yang pembukaan ruas jalan lalu lintas yang memiliki hal yang harus dilakukan sebelum adanya pembangunan jalan raya tersebut. Hal tersebut akan dilalui dengan cara membuka ruang jalan dengan mengalihkan isi dari pada muka bumi, seperti penebangan hutan untuk membuka ruang jalan lalu lintas, melakukan gali timbun tanah dengan melihat keadaan lokasi yang diperlukan supaya keadaan jalan raya merata.

Dalam hal ini perlu kita ketahui pembangunan jalan raya sangat diperlukan dalam pengujian untuk mengetahui kemampuan menampung beban kenderaan yang akan menggunakan jalan raya tersebut. Dengan demikian pembangunan jalan raya untuk tanah juga memiliki beberapa lapisan, dalam halnya jika tanah yang lembut ditemukan maka tanah tersebut akan diganti dengan lapisan tanah kasar , kemudian lapisan tanah kasar akan dilapisi dengan satu lapisan lagi, lapisan ini yang disebut lapisan permukaan. Maka langkah selanjutnya lapisan permukaan akan dilapisi dengan aspal maupun beton tergantun jenis jalan yang akan di bangun.

Perlunya menjaga keselamatan pengguna jalan raya.

Perencanaan jalan raya dalam pembangunannya harus matang dan benar-benar menjadi salah satu struktur untuk menjaga keselamatan pengguna jalan raya. Ada salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jalan raya, yaitu pengaliran air. Pengaliran air pada sangat mempengaruhi jalan raya, dengan tergenangnya air di permukaan jalan raya yang di sebabkan oleh air hujan ini dapat membahayakan penguna jalan raya, sehingga keselamatan mereka terancam dengan kejadian seperti kecelakaan. Maka dari itu dalam pembangunan jalan raya harus benar-benar diperhitungkan. Bangunan jalan raya dapat di berikan landaian untuk mengatasi air hujan karena dengan laindaian tersebut maka air hujan akan mengalir keselokan sehingga tidak ada genangan air hujan di permukaan jalan raya tersebut.

Untuk menjaga keselamatan pengguna jalan sangat perlu juga diperhatikan pada tikungan , dengan memasang retroflektor pada setiap tikungan-tikungan jalan raya yang tajam. Seperti menanam batu pada permukaan jalan raya sebagai tanda batasan jalan tersebut. Ini sangat berguna demi menjaga keselamatan penggunaan jalan raya.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, June 20, 2014

4 komentar:

  1. Terima kasih telah berbagi ilmu ,sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. Terima ksih...dapat refres kembali....Mantap Lanjutkan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok thanks gan,, terimah kasih atas dukunganya

      Delete