Rekayasa Jembatan Teknik Sipil

Rekayasa Jembatan Teknik sipil. Materi kuliah rekayasa jembatan materi yang terdapat dalam jurusan teknik sipil ,kita  akan membahas materi rekayasa jembatan , apa-apa saja yang perlu dipelajari disini.  Sebelumnya kita harus mengetahui cabang yang merupakan dipelajari dalam teknik sipil yaitu, jembatan rekayasa survei, desain, konstruksi, pemeliharaan ataupun proses kerja, ini lah yang dinamakan Brige.

Apa itu jembatan?
Jembatan merupakan suatu bentuk bangunan yang melengkapi prasarana lalu lintas darat dengan konstruksi yang terdiri dari pondasi, struktur pada jembatan bangunan yang dibawah dan struktur jembatan yang diatas. Yang menghubungkan ujung jalan yang terputus akibat bentuk terjadinya rintangan akibat konstruksi struktur bangunan tersebut. Dalam pelaksanaan pekerjaannya jembatan tidak begitu mudah untuk dimodifikasi dan biaya relatif mahal , juga mempengaruhi kelancaran lalulintas pada saat pelaksanaan pengerjaan.

Umur Jembatan
Bagaimana dengan umur jembatan , pada umumnya jembatan mempunyai rencana umur yang akan dipergunakan untuk menahan beban lalulintas . Untuk umur 100 tahun untuk jembatan yang besar, sedangkan untuk rencana umur yang 50 tahun merupakan jembatan yang minimum. Maka dari  itu sangat di sarankan perlu memperhatikan kekuatan dan kemampuan dalam menahan beban lalulintas serta pemeliharaan jembatan tersebut.


Kemampuan Jembatan
Untuk menjaga kemampuan jembatan dengan tantangan lalulintas yang semakin bertambahnya zaman sekarang akan bertambah dan bisa dibilang relatif besar.  Pada umumnya jika jembatan yang dibangun sudah tidak mampu menahan beban setelah dibangun beberapa tahun dapat diatasi dengan menambah ruas jembatan ataupun pelebaran. Sistem pelabaran sangat diperlukan dalam keadaan hati-hati dan dengan kesiapan desain yang memang sudah matang untuk memudahkan pengerjaan konstruksi jembatan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, June 25, 2014

1 komentar:

  1. Kenapa jembatan yang dibuat zaman belanda masih kokoh,sedangkan jembatan sekarang tidak awet?

    ReplyDelete