Sifat Dan Karaktersitik Yang Dibutuhkan Pada Perencanaan Beton

Apa jasa sifat dan karakteristik yang dibutuhkan pada saat perencanaan beton? mari kita bahas materi ini, materi bagi anda yang masih belum paham tentang beton anda bisa belajar di ilmu teknik sipil indonesia ataupun ITSI.

Kuat Tekan Beton
Apa yang dimaksud denga kuat tekan beton? Kuat tekan beton merupakan salah satu kinerja beton. Kekuatab beton ini merupakan kemampuan untuk menerima gaya tekan persatuan luas. Meskipun didalam beton tersebut ada tegangan tarik kecil. Maka bisa di asumsikan bahwa semua tegangan tekan merupakan dukunagan dari beton tersebut.

Kemampuan dalam pengerjaan
Untuk bicara dengan kemampuan dalam pengerjaan beton , ini merupakan salah satu kinerja yang paling dominan ataupun yang paling utama di lakukan dalam perencanaan beton. Meskipun dalam perencanaan nya sudah di rancang dengan bagus dan kuat , nampun dalam pelaksanaan dilapangan rancangan tersebut tidak di implementasikan sesuai raencana yang telah dirancang ini akan menghasilkan kinerja yang sangat negatif ataupun percuma dilaksanakan.

Rangkak dan susut
Beton memiliki sifat yang elastisitas  pada saat pembebanan singkat , dan sebaliknya beton itu akan memiliki tegangan dan renggangan yang lama pembebananya jika pada pembebanan tidak singkat. Rangkak ( creep) atau lateral material flow yang di artikan sebagai renggangan terhadap waktu akibat adanya beban yang bekerja. Deformasi awal akibat pembebanan disebaut sebagai rengganan elastis , sedangkan renggangan tembahan akibat bebanyang sama disebut renggangan rangkak. Susut didefenisikan sebagai perubahan volume yang tidak berhubungan dengan beban. Jika dihalangi secara merata proses susut dalam beton akan menimbulkan defromasi yang umumnya bersufat menambah defromasi rangkak.

Aktifivas Pengerjaan Beton
Pada pengerjaan beton tidak hanya berada pada satu bidang titik kegiatan, bahkan terdiri dari beberapa kegiatan yang saling berhubungan , maka dari itu setiap kegiatan harus terus diperhatikan agar pengerjaan menuangkn hasil yang sesuai dengan perencanaan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, June 09, 2014