Spesimen Uji Yang Dirawat Di Laboratorium Dan Lapangan

Spesimen iji yang dirawat di laboratorium dan lapangan, pengambilan contoh uji untuk kuat tekan beton harus dilakukan sesuai dengan ketentuan ' methods of sampling freshly mixed concrete ' ASTM C.172. Atau memenuhi syarat ''Tata cara pembuatan benda uji untuk pengujian laboratorium mekanika batuan'' SK.SNI.T-16-1991-03.

Benda uji selinder yang deiperlukan untuk pengujian harus divcetak dan dirawat didalam laboratorium sesuai dengan ketentuan dari ''methods of making and curing concrete test specimens in the filed'' ASTM.C.31. DAN UJI BERDASARKAN '' Test methods for compressive strength of cylindrical concrete specimens'' ASTM C.39.


Bila benda uji dibuat denga kubus berisi 150 mm , maka pembuatannya mengikuti ketentuan dari BS 1881:Part 116:1983, '' Methods of determination of compressive strength of concrete cubes''. 
Contoh uji harus diambila dari benda yang sama dengan pelaksanaannya .produser  perawatan harus ditingkatkan jika hasil uji menunjukkan bahwa kekuatan tekan beton 85% pada umur yang telah ditetapkan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, June 16, 2014