Cara Mengubah Gambar Autocad 2D Menjadi 3D

Cara mengubah gambar autocad 2 dimensi menjadi 3 dimensi, apakah sulit mengambar di autocad? ini menjadi pertanyaan disaat pengen tahu bagaimana cara mengambar dengan mengunakan Autocad. Salah satu cara menggambar dengan cepat di autocad harus lebih dahulu mengetahui apa-apa saja yang dapat digambar di autocad , dan latihan yang cukup.

Ketika anda sering mengunakan autocad untuk mengambar-gambar suatu objek dan melihat hasilnya, pasti setiap kali anda membuka autocad anda pasti selalu ada tambah ilmu dan daya ingat untuk menggambar suatu objek yang barupun tidak sulit lagi seperti saat kita pertama menggunakannya.

Baiklah sesuai dengan judul artikel cara mengubah gambar autocad 2 dimensi menjadi 3 dimensi bisa anda perhatikan artikel dibawah ini. Saya membuat contoh gambar 2 dimensi terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini.

Gambar 1

Gambar atau objek diatas bisa anda perhatikan adalah gambar 2 dimensi , objek diatas akan saya ubah menjadi objek 3 dimensi cara nya anda bisa pertama kita perlu tampilan objek kita mempunyai x,y dan z. jadi kita bisa mengaktifkan tampilan 2 dimensi tersebut dari Icon View 3 dimensi menjadi SW Isometric. Maka tampilan gambar atau objek kita akan menjadi seperti di bawah ini.

Gambar 2

Perhatikan gambar diatas tampilan sudah menjadi SW Isometric, kemudian perhatikan angka 3 yang ada pada gambar diatas itu merupakan ukuran tinggi objek  tersebut. Kaluau di 2 dimensi gambar untuk ukuran tinggi tidak ada , ukuran tinggi atau sumbu z akan kita jumpai di 3 dimensi caranya membuat ukuran tinggi objek kita adalah. Pilih Icon Extrude 3D lalu klik objek  yang akan kita ubah setelah itu tekan Enter, Lalu msukkan angka sesuai dengan ukuran tinggi objek anda lalu tekan enter seperti gambar diatas.

Setiap objek yang ingin anda Extrude harus menyatu setiap sudut ke sudut garis, contoh gambar yang kita Extrude  adalah gambar lingkaran atau circle. Perhatikan gambar dibawah ini contoh gambar yang kita Extrude adalah segi empat atau rectanguler.

Gambar 3

Ukuran yang pertama kita Extrude adalah 3 seperti gambar 2  kita buat ukurannya sama dengan ukuran gambar 2 , perhatikan gambar 3. Cara menambah ukuran gambar yang ketiga pengerjaan nya sama seperti membuat ukuran tinggi gambar 2. Jika semua objek sudah kita Extrude maka kita bisa melihat hasilnya. dari icon Visual Style. 

Perhatikan gambar 1, kalau kita Extrude semua objek diatas seperti penjelasan gambar 2 dan gambar 3 maka hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.


Dari 2 dimensi menjadi 3 dimensi , inilah sekilas artikel cara mengubah gambar autocad 2 dimensi menjadi 3 dimensi, ikuti terus artikel update terbaru di ilmu teknik sipil indonesia. Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi anda yang lagi belajar autocad 2D dan 3D.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, March 30, 2015