Karakteristik Pengaliran Diatas Rectangular Notch

Ilmu teknik sipil indonesia. Bicara dengan artikel rectangular Notch , akan kita dapatkan pada praktikum hidrolika, untuk mahasiswa teknik sipil. Apa-apa saja ang perlu kita ketahui untuk mengetahui karakteristik pengaliran diatas rectanguler notch?

Ada pun tujuan dari percobaan ini adalah:
Untuk mengetahui hubungan antara ketinggian muka air diatas tepi ambang dari debit pengaliran yang melalui rectanguler  notch tersebut. Dan juga menentukan debiti pengaliran yang melalui rectanguler notch.

Dalam percobaan ini kita membutuhkan alat - alat untuk menhetahui karakteristik pengaliran diatas rectanguler notch, yaitu :

  1. Hidraulic Bench
  2. Hook And Point Gange
  3. Rectanguler Nocth
  4. Stopwatch
Besarnya aliran dapat dihitung dari berbagai cara bentuk pada sungai-sungai kecil dan alur-alur buatan dapat dengan mudah diukur dengan penggunaan bendung atau juga tabung jenis venture.

Pengukuran ini dapat dilakukan dengan mengunakan model di laboratorium , yang hasil pengukuran tersebut menunjukkan antar tinggi dan energi debit.

Banyak hal yang harus dilakukan untuk lebih teliti supaya hasil yang kita dapatkan akurat, dan perlu memperhatikan permukaan bendung bahagian hulu yang harus vertikal dan tegak lurus terhadap alurnya, ketinggian H yang harus di ukur cukup jauh dari hulu bendung. Cara ini merupakan menghindari pengaruh kelengkungan dari permukaan air didekat bendung tersebut.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, March 06, 2015