Karakteristik Pengaliran Diatas Vee Notch

Percobaan Karakteristik pengaliran diatas Vee Notch, Percobaan ini dapat dipelajari pada praktikum hidrolika mahasiswa teknik sipil, setelah mempelajari atau melewati percobaan karakteristik pengaliran diatas Rectangular Nocth sekarang mari kita bahas tentang pengaliran diatas Vee Notch. Dibawah ini beberapa pembahasan sesuai dengan judul artikel diatas.

Adapun tujuan dari percobaan ini adalah, Bagaimana kita menyelidiki hubungan antara ketinggian muka air diatas tepi ambang dan debit yang melalu Vee Notch, Serta kita bisa menentukan debit pengaliran yang melalui Rectanguler Nocth.

Bila debit aliran air pada saluran kemungkinan relatif kecil, penyelidikan dengan menggunakan bendung segitiga, ataupun yang bertatik V merupakan sangat efesien, sebab hasilnya yang diberikan akan lebih teliti daripada memakai bendung penampang segi empat.

Pengukuran ini dapat dilakukan dengan menggunakan model di laboratorium, yang hasil pengukuran tersebut menunjukan hubungan antara tinggi energi dan debit.

Bendung yang biasanya dipasang di saluran terbuka seperti disungai untuk menentukan debit. Prinsip dasarnya adalah bahwa debit secara langsung berkaitan dengan kedalaman air diatas sela (bawah) Vee, jarak disebut dengan ( h ).

Desain Vee Nocth menyebabkan perubahan kecil dalam debit untuk memiliki perubahan besar secara mendalam memunkinkan pengukuran h lebih akurat dibanding dengan bendung persegi panjang.


Seperti yang dapat dilihat pada gambar diatas adalah nama Vee Notch merupakan penjelasan yang baik dari perangkat taktik V yang ditempatkan disaluran terbuka sehingga air terpaksa mengalir melalui Vee Notch.

Hal ini dapat digunakan untuk mengukur lajur aliran saluran tebuka, karena ketinggian air diatas  titik kedudukan Vee dapat dikorelasikan dengan laju alir atas bendung. Vee Notch bekerjaa dengan baik untuk mengukur tinggkat aliran rendah, karena daerah aliran berkuran secara cepat karena ukuran kecil.

Itulah sedikit pembahasan mengenai artikel karakteristik pengaliran diatas Vee Nocth , masih banyak artikel yang belum dipos untuk ilmu teknik sipil indonesia Anda bisa mengikuti artikel baru kami melalui email gratis di ilmu teknik sipil indonesia, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi mahasiswa teknik sipil ataupun pembaca ilmu teknik sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, March 30, 2015