Apa Yang Perlu Dikuasai Seorang Teknik Sipil

Apa-apa saja sih yang dikuasai seorang teknik sipil? Perlu kita ketahui dalam dunia pendidikan khusus nya seorang teknik sipil perlu belajar dari pengalaman - pengalaman seseorang yang sudah bekerja di bidang teknik sipil. Cerita dari mereka yang sudah bertahun - tahun bekerja sebagai seorang engineer berdasarkan dari pengalamannya tentunya sangat membantu para mahasiswa yang sedang kuliah. 

Saat ini kuliah nanti bekerja mau jadi apa? Ini yang sering ada di benak seorang calon engineer yang akan menimbulkan sebuah pikiran untuk melanjutkan masa depan, tentunya semua orang akan ingin mempunyai keinginan atau pun cita-cita sebagai orang yang sukses di masa depannya.

Dan pertanyaan ini bukan hanya mahasiswa yang mengajukannya untuk siswa Sma / Smk yang ingin mempunyai cita-cita mengambil jurusan teknik sipil tentunya mereka berpikir , apa saja yang perlu dikuasai seorang teknik sipil. 

Dalam kesempatan ini ilmu teknik sipil indonesia memberikan sedikit inspirasi bagi yang belum mengetahui yang perlu dikuasai seorang teknik sipil, sebagai seorang teknik sipil harus mempunyai banyak angan dan khayalan. Angan dan khayalan tentunya yang berhubungan dengan teknik sipil. Kenapa demikian ? teknik sipil dituntun untuk merancang yang belum ada menjadi ada, anda tahu pekerjaan di teknik sipil misalnya pembangunan suatu bangunan, bendung, jembatan, maupun jalan raya.

Kalau di lapangan atau daerah lokasi yang masih kosong akan ada rencana pembangunan suatu bangunan apa tindakan seorang sipil , tentunya harus dapat menimbulkan idea - idea baru sehingga idea atau karya yang kita punya bisa di pakai oleh pemilik proyek.


Selain mempunyai idea yang cemerlang seorang teknik sipil juga harus mempunyai keahlian untuk menghitung yang sudah di rencanakan , biasanya arsitektur dan sipil saling berdampingan ketika jumpa di dunia kerja. Untuk perancang adalah arsitek dan untuk struktur bagian dari teknik sipil.

Kalau bicara di bidang umum yang sering di jumpai dan menjadi tanggung jawab seorang teknik sipil adalah bisa membaca gambar atau pun istilah lain memahami cara penggunaan cad, banyak software yang di sediakan untuk lebih mudah mengerjakan pekerjaan teknik sipil. Pemahaman penggunaan autocad , menghitung rencana anggaran biaya (RAB) , serta mengenal atau memahami penggunaan sap ,etaps atau pun yang berhubungan dengan perhitungan perencanaan struktur.

Tergantung pada bidang atau ahlinya dimana , kalau semasa di perkuliahan belajar mengenai teknik sipil , akan mempelajari semua bidang yang berhubungan dengan teknik sipil. Yang paling dibutuhkan untuk penguasaan di teknik sipil adalah praktik di lapangan sangat banyak perbandingan dengan belajar di kampus dengan mempelajari pengetahuan ilmu umumnya.

Inilah sedikit tentang inspirasi membuka baik pola pikir seorang teknik sipil, semoga dengan membaca ini para teknik sipil dapat mengetahui apa yang perlu di kuasai seorang teknik sipil, mungkin para master sipil juga bisa menambahkan inspirasi di situs ini dengan menambahkan kolom komentar yang telah tersedia terima kasih.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, April 07, 2015