Artikel Baja Tulangan

Artikel baja tulangan, apa pengertian dari baja tulangan ? Baja tulangan merupakan baja yang digunakan untuk konstruksi beton atau yang lebih dikenal adalah berton bertulang. Beton bertulang yang mengandung baja dan di rencanakan berdasarkan dasar bahwa bahan tersebut bekerja untuk memikul gaya - gaya.

Tulangan menyediakan gaya tarik yang tidak dimiliki beton. Secara umum baja tulangan memiliki dua bentuk yaitu besi polos dan besi ulir. Besi polos adalah besi yang memiliki penampang bundar dengan permukaan licin, sedangkan besi ulir adalah besi dengan bentuk permukaan sirip melintang. Dalam hal ini besi yang digunakan adalah baja tulangan ulir D13, D16, D19, D25 dan D32.


Baja
Baja merupakan logam paduan, logam besi sebagai unsur dasar dengan beberapa elemen lainya , termasuk karbon. Ada kandungan unsur karbon yang berada dalam baja antara 0.2 % hingga 2.1 % yang beratnya sesuai dengan gradenya. 

Elemen di dalam baja
  1. Karbon
  2. Mangan
  3. Fosfor
  4. Sulfur
  5. Silikon
Karbon berfungsi dalam baja sebagai pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal ( crystal lattice ) atom besi. Warna pada baja karbon yang di kenal adalah warna hitam. Produksi baja secara umum merupakan suatu proses yang terdiri dari perakitan kompenen baja sehingga menjadi satu kesatuan yang di laksanakan di lapangan.


Sedikit tentang artikel baja tulangan , ini adalah salah satu material yang digunakan misalnya dalam proses pembangunan abutment pada jembatan, cara ini dilakukan harus sesuai dengan standar dan ketentuan yang tertulis dalam spesifikasi teknis yang merupakan bagian dari persetujuan pihak - pihak yang terkait.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, April 10, 2015