Cara Mengatur Dimension Style Autocad

Cara mengatur dimension style autocad, cara ini sangat penting ketika menggambar suatu objek di autocad, kita pasti pernah menjumpai yang namanya pengaturan ukuran - ukuran ketika menggambar suatu objek di dalam autocad. Di autocad akan kita jumpai yang namanya primary units, yang dimana perintah ini merupakan untuk mengubah jumlah desimal dibelakang ukuran yang kita tentukan.

Untuk mengatasi hal tersebut sangat lah mudah hanya menggunakan perintah dimension style yang ada pada menu bar autocad dan mengubah primary units sesuai dengan yang telah kita tentukan. Misalnya anda menginginkan membuat objek dengan ukuran 3.00 meter persegi, tapi ketika anda membuat linear atau ukuran dimensi objek anda adalah 3.000000. Ini yang sering kita jumpai tapi ini tidak akan menjadi masalah anda bisa mengubah nya dengan selera anda. 

Pada umumnya yang dipakai adalah 2 angka desimal dibelakang ukuran anda , sebagai panduan anda bisa melihat contoh gambar di bawah ini sambil praktek di komputer anda, Perhatikan gambar berikut kita ingin mengubah bentuk gambar 1 ke bentuk gambar 2.

Gambar 1
Perhatikan gambar 1 , anda bisa melihat bahwa ukuran objek anda 3.00000000 , 8 angka dibelakang ukuran objek anda. dan perhatikan gambar 2 di bawah ini akan menjadi 3.00 , 2 angka di belakang ukuran objek anda.
Gambar 2
Cara mengubah contoh gambar 1 dan ke gambar 2 perhatikan gambar dibawah ini. Inilah menjadi solusi cara mengatur dimension style objek anda.


Langkah - Langkahnya sebagai berikut:
  • Dimension - Dimension Style - Modify - Primary Units - Ok
Inilah cara mengatur dimension style autocad , mudah-mudahan bermanfaat bagi yang lagi belajar tentang autocad , masih banyak artikel lainya tentang autocad ikuti updaten terbaru ilmu teknik sipil indonesia selanjutnya salam sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, April 08, 2015