Detail Dan Jenis Pondasi Bangunan

Detail pondasi bangunan , biasanya sebelum menggambar atau mendesain suatu gambar struktur bangunan kita harus mengenal yang nama nya suatu pondasi. apa itu pondasi? pondasi merupakan salah satu yang terpenting dalam berdirinya suatu bangunan. Pada pondasi lah terdapat kekuatan pada struktur bangunan.

Sebelum melihat contoh detail pondasi lebih dahulu kita mengenal yang nama nya jenis - jenis pondasi, apa - apa saja jenis pondasi itu sebagai berikut:
  1. Pondasi Batu kali merupakan pondasi yang bahan dasarnya terbuat dari susunan dari batu kali yang di susun membentuk suatu kekuatan penahan bangunan yang diteruskan oleh pondasi tersebut kedalam tanah.
  2. Pondasi Batu Bata merupakan pondasi yang bahan dasarnya terbuat dari susunan dari bata yang di susun membentuk suatu kekuatan penahan bangunan yang diteruskan oleh pondasi tersebut kedalam tanah.
  3. Pondasi Telapak Merupakan pondasi yang berbentuk seperti tapak kaki pondasi tapak di gunakan untuk bangunan bertingkat, dimana pada setiap kolom yang dinding akan di gunakan pondasi tapak.
  4. Pondasi Menerus / Pondasi Memanjang merupakan pondasi ini sama pengertiannya dengan pondasi batu kali yang bahan dasarnya tersusun dari batu kali dan pondasi ini di gunakan pada bangunan yang tidak bertingkat . Letak pondasi ini memanjang di sepanjang dinding bangunan tersebut.
Dibawah ini gambar detail pondasi yang bisa anda contoh:
Pondasi Batu kali / Menerus

Pondasi Tapak

Masih ada jenis pondasi yang lainnya yaitu, pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dangkal memiliki ukuran yang tidak dalam bisa mencapai 3 sampai 7 meter sedangkan pondasi dalam merupakan, jenis pondasi yang mencapai ukuran yang lebih dalam dari pondasi dangkal.

Untuk pondasi dalam digunakan pada yang tinggi ,jembatan yang memang membutuhkan kekuatan yang besar untuk menjaga kestabilan struktur bangunan tersebut. Jenis pondasi dalam adalah pondasi tiang pancang dan borpile.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, April 07, 2015