Fungsi Bagian Theodolite

Apa yang kita ketahui tentang theodolite, percobaan theodolite akan di jumpai pada praktikum ilmu ukur tanah , pada umumnya kita bisa mengenal bagian-bagian dari theodolite serta mengenal macam-macam  tipe theodolite dan macam-macam sistem pembacaan skala theodolit.

Secara khusus kita dapat menentukan besar sudut dilapangan, menghitung dan menetapkan besar sudut dilapangan, menghitung dan menentukan jarak optis, menghitung sudut jurusan dari titik-titik yang di ukur.

Adapun kegunaan dari bagian -bagian theodolite adalah sebagai berikut:

  1. Mikrometer / sekrup pengatur atau penggeser vertikal berfungsi untuk mengatur atau mengeser arah vertikal dengan geseran halus untuk membatu menempatkan sudut halus.
  2. Objektif / lensa objektif berguna untuk melihat objektif yang dituju agar kelihatan lebih besar dan jelas pada suatu titik tertentu.
  3. Vertikal Klam / Sekrup pengunci teropong berfungsi sebagai pengunci teropong apabila nive tabung pada teropong tepat pada suatu kesetimbangan menunjukan suatu garis lurus horizontal, dan alat ini juga mengunci besar sudut vertikal yang dibutuhkan agar tidak tergeser.
  4. Vertikal tangen screw / Sekrup diafragma gerakan horizontal. Gunananya untuk membantu menempatkan sudut bacaan pada sumbu kesatu dan sumbu kedua.
  5. Upper plat tangens screw / sekrup pengunci repetisi bagian atas gunanya untuk membantu alat apabila sudah tepat pada sasarannya supaya tidak bergeser - geser lagi.
  6. Lower plate screw / Sekrup pengunci repetisi bagian bawah berfungsi untuk membantu alat agar dikunci dan membatu mengenolkan sudut pada arah utara sebagai pedoman.
  7. Mikrometer eyepiece / lensa okuler berfungsi sebagai tempat membidik melihat objek dilapangan.
  8. Reflektor / Sekrup pengatur cahaya berfungsi untuk memperjelas gambar dengan arah atau jarak yang kita tentukan.
  9. Telecop eyepiece / Lensa diafragma
  10. Okuler direction / tempat pembacaan sudut
  11. Nivo untuk mendapatkan garis mendatar searah dengan kedudukan alat.
  12. Nivo Screw / Sekrup pengatur nivo untuk mengaur kedudukan alat.

Sebagai panduan dalam melakukan pengukuran dengan mengunakan theodolite  kita harus mengetahui bagaimana keadaan lokasi dan cuaca supaya tidak adanya ketergangguan dalam melakukan pengukuran.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Saturday, April 04, 2015

0 komentar:

Post a Comment