Pengertian Evapotranspirasi

Pengertian evapotranspirasi sebenarnya gabungan dari gabungan peristiwa evaporasi dan transpirasi yang berlangsung bersama-sama .evapotranspirasi merupakan proses cuaca yang sangat penting dalam perencanaan persedian air dan dalam perhitungan neraca air dan siklus hidologis dari suatau wilayah atau DAS. Jika permukaan penguapan adalah permukaan tanah, maka tingkat penutupan tanaman pelindung (crop canopy) dan jumlah air tersedia pada permukaan penguapan juga menjadi faktor yang mempengaruhi proses evaporasi. 

Kejadian hujan, irigasi dan gerakan vertikal air dalam tanah dari muka air tanah dangkal merupakan sumber pembasahan permukaan tanah. Jika tanah dapat menyuplai air dengan cepat yang memenuhi kebutuhan evaporasi, maka evaporasi dari tanah ditentukan hanya oleh kondisi meteorologi.

Akan tetapi, bila interval antara hujan dan irigasi cukup lama dan kemampuan tanah mengalirkan lengas ke dekat permukaan tanah kecil, maka kandungan air di lapisan topsoil menurun dan menyebabkan permukaan tanah menjadi kering.Pada lingkungan dimana air terbatas, maka jumlah air tersedia menjadi faktor pembatas.


Perhitungan evapotranspirasi menggunakan rumus Penman Modifikasi metode nedeco/Prosida, dengan persamaan sebagai berikut :

Eto = B * (Hi-Hb) + (1-B) * Ea 
Dimana :

  • Eto =Indeks evapotranspirasi (mm)
  • B =Angka faktor berat yang digunakan akibat radiasi pada Eto, Pada perbedaan temperatur dan altitude.
  • Hi =Radiasi datang (mm/hari) (1-r) Ra (al + a2 s)
  • Hb =Radiasi pantulan (mm/hari) c sa4 (a3 – a4 Öed) (a5 + a6 s)
Disamping itu kita juga mengenal yang namanya evaportranspirasi potensial, apa itu evaportranspirasi potensial? ini merupakan yang menunjukan nilai kebutuhan lingkungan , kumpulan vegetasi atau kawasan - kawasan pertanian yang melakukan evapotransvirasi yang di tentukan oleh beberapa faktor alam, seperti sinar matahari , luas daun, temperatur udara, kecepatan angin serta tekanan udara.

Evaportranspirasi juga menggambarkan beberapa energi yang diperoleh dari matahari untuk kawasan tersebut. Proses evapotranspirasi mempunyai kesamaan dengan banyaknya karbon yang diserap oleh kawasan vegetasi, karena transpirasi memang berperan pada perpindahan CO2 dari udara ke daun.


Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, April 22, 2015

0 komentar:

Post a Comment