Pengertian Transpirasi Dan Evaporasi

Transpirasi adalah peristiwa perubahan air menjadi uap yg naik ke udara melalui jaringan hidup tumbuh-tumbuhan ,yaitu yang bias melalui stomata daun ,lentisel dan cuticula .besarnya transpirasi tergantung dari jenis tumbuhan ,suhu ,kelembaban, kecepatan angin ,tekanan udara dan sinar matahari. Selain itu ada yang menyebutkan transpirasi adalah evaporasi air dari tumbuhan termasuk gerakan air melalui keseluruhan tanah-tumbuhan-atmosper.

Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi transpirasi adalah
  1. Cahaya
  2. Suhu
  3. Defenisit tekanan uap air
  4. Ketersedian air.
Evaporasi adalah air laut,sungai,danau atau waduk yang menguap secara langsung ke udara.Energi dibutuhkan untuk merubah bentuk molekul air dari fase cair ke fase uap,radiasi matahari langsung dan faktor lingkungan yang mempengaruhi suhu udara merupakan sumber energi.


Gaya penggerak untuk memindahkan uap air dari permukaan penguapan adalah perbedaan tekanan antara uap air di permukaan dan tekanan udara atmosfir yang saat berlangsung udara sekitar menjadi jenuh secara perlahan dan selanjutnya proses akan melambat dan kemungkinan akan berhenti jika udara basah tidak dipindahkan ke atmosfir.

Pergantian udara jenuh dengan udara kering sangat berganung pada kecepatan angin,oleh karena itu radiasi surya,temperature udara,kelembapan udara dan kecepatan angin merupakan parameter iklim yang dipertimbangkan dalam penentuan proses evaporasi.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, April 30, 2015

0 komentar:

Post a Comment