Struktur Bangunan Sipil

Struktur bangunan teknik sipil, dengan mengenal struktur bangunan sipil kita harus mengerti apa pengertian dari bangunan? Bangunan merupakan suatu struktur yang di rencanakan atau di buat oleh orang yang dimana bangunan tersebut terdiri dari atap dan dinding terpadu satu yang berdiri secara permanen pada suatu lokasi atau pun tempat.

Pada umumnya dengan adanya bangunan sangat memperoleh dampak yang positif bagi manusia, dan fungsi yang memang benar - benar dibutuhkan oleh setiap orang. Terdapat beberapa fungsi yang signifikan berdirinya suatu bangunan diantaranya adalah sebagai tempat tinggal, tempat kerja, tempat menyimpan barang, yang bisa melindungi dari beberapa keamanan berdasarkan cuaca.


Dengan perkembangan zaman yang sangat maju , dalam membuat struktur bangunan memerlukan ilmu yang ada pada bidang bangunan seperti teknik sipil dan arsitektur. Karena dalam suatu bangunan memiliki nilai tersendiri sebagai tempat yang dibutuhkan oleh setiap orang.

Pada awal zaman dulu bangunan seperti saat sekarang ini belum ada, manusia hanya memanfaatkan sarana dan prasarana alam yang ada. Sebagai tempat tinggal saja yang digunakan adalah gua, kaya besar dan banyak yang bisa di manfaatkan di alam semesta. Maka dengan berkembangnya jumlah manusia serta pola pikir yang sudah mulai maju, muncul lah ide membuat mendirikan struktur bangunan dengan material yang digunakan dari alam.


Material alam yang di pergunakan manusia sebagai bahan - bahan bangunan seperti batu-batuan, kayu, pasir, batuan kapur serta material - material lainnya yang di olah manusia untuk mendirikan sebuah bangunan. Pada umumnya bahan - bahan yang di gunakan manusia dalam mendirikan suatu bangunan adalah baja, besi, asbes, semen, pasir, batu kali, batu bata, kayu. 

Saat sekarang ini untuk membuat suatu struktur bangunan sudah menjadi bagian dari para teknik yang ada pada bidang bangunan , seperti teknik sipil, arsitektur , kontraktor, designer interior dan yang berhubungan dengan teknik bangunan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, April 10, 2015

0 komentar:

Post a Comment