Belajar Menggunakan Layer Properties Autocad

Belajar menggunakan layer properties autocad , mungkin anda sudah membaca artikel tentang penjelasan mengenai autocad disana dijelaskan tatacara penggunaan autocad, sekarang kita akan mempelajari tentang cara mengunakan layer properties pada autocad.

Semua autocad akan mempunyai yang namanya layer properties dimana fungsi perintah ini adalah salah satu mengatur warna dan ketebalan garis ataupun dimensi yang akan kita gunakan dalam mengambar autocad.

Mengapa Mengunakan Layer?
Sebelum menggambar suatu objek misalnya kita menggambar suatu denah rumah , kita akan membutuhkan yang namanya layer yang ada pada autocad, pada denah ada bangunan rumah pasti ada yang namanya garis untuk dinding, garis pembatas dinding atau as, lantai , jendela , pintu, hacth dan sebagainya, 

Pada garis-garis ini kita dapat memilih warna yang kita sukai pada layer properties dengan membuat layer baru dan menganti nama layer tersebut misalnya dinding dan juga menganti warna yang kita butuhkan untuk layer dinding tersebut.

Menggunakan Ukuran Layer
Pada layer properties ada beberapa ukuran yang akan kita pilih untuk layer yang kita buat, adapun kegunaan ukuran ini kita buat adalah untuk mengetahui ketebalan - ketebalan layer yang lain misalnya, untuk garis dinding mempunyai ketebalan yang berbeda dengan garis as. 

Kita bisa memanfaatkan ukuran - ukuran yang ada pada layer properties dengan pilihan kita , dan ini sangat berfungsi ketika dalam mencetak gambar nantinya, sehingga hasil yang kita gambar lebih bagus dengan gambar yang tidak mengguakan ketebalan layer.

Bedanya kalau kita tidak menggunAkan layer yang tidak mempunyai ukuran atapun ketebalan layer, pada saat mencetak gambar ketebalan layer semua sama, sehingga garis - garis yang kita gambar tidak memiliki variasi yang berbeda dengan garis lainya, begitu juga dengan warna garis tersebut.

Anda bisa memperhatikan contoh berikut untuk menggunakan layer properties:


Pada gambar diatas bisa anda perhatikan layer - layer baru yang bisa anda gunakan misalnya jika anda membuat gambar denah rumah, semua layer bisa anda ganti warna dan ketebalan serta garis yang anda butuhkan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, May 11, 2015