Susah Memikirkan Tugas Akhir Kepala Pusing

Disaat sudah menghabiskan semua mata kuliah dari semester satu sampai semester akhir saat nya memikirkan tugas akhir , waktu bermain-main akan tidak ada lagi yang ada hanya fokus dan fokus untuk menyelesaikan tugas akhir.

Setiap alumni mahasiswa yang pasti sudah mengalami hal seperti ini sebelum meninggalkan kampus mereka. Dan akan datang waktunya bagi kita yang sedang menjalani masa penyelesaian tugas akhir. Rasanya sulit dan capek membuat kepala pusing bahkan jam tidur malam akan termakan untuk menyelesaikan tugas.

Paling dinantikan setiap mahasiswa adalah bagaimana supaya bisa membahagiakan kedua orangtua yang sudah menanti - nanti kapan selesai dan mendapat gelar sarjana. Apakah kita akan mengecewakan mereka yang sudah mempercayakan kita untuk kuliah dan dapat menyelesaikan dengan kelulusan yang bisa dibilang bagus.

Itu yang ada di benak pikiran setiap mahasiswa sekarang ini, terkadang perbedaan cara belajar mahasiswa dengan siswa yang masih berada di bangku sekolah sangat jauh perbedaannya, kalau semasa duduk di bangku sekolah siswa/siswi di tuntun dan selalu diperhatikan oleh guru.


Sedangkan kalau sudah mahasiswa dosen hanya memberikan ringkasan penyajian sesuai dengan pelajaran kalau soal bicara tentang perhatian dan tuntunan dosen kepada setiap mahasiswa sangat terbatas, tergantung sama dosen yang benar - benar mempunyai sebuah prinsip untuk menuntun mahasiswa mengerjakan tugas kuliah.

Jadi mahasiswa harus lebih bisa mandiri dan sadar sendiri untuk melakukan yang terbaik bagi diri masing - masing mahasiswa. Tanpa adanya kesadaran tersebut maka itu akan menjadi beban tersendiri, sehingga akan lama menyelesaikan segala kewajiban-kewajiban seorang mahasiswa.

Apalagi sudah mencapai finish penyelesaian tugas akhir, setidaknya selagi mahasiswa bertanya tidak akan menjadi masalah besar , di banding bertanya ketika sudah menjadi alumni akan lebih buruk. Belajar sekarang lebih baik dibanding menunggu hari esok untuk belajar lagi.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, May 11, 2015