Belajar Membuat Rencana Anggaran Biaya

Belajar membuat rencana anggaran biaya ( RAB ) , membuat rencana anggaran biaya atau rab dengan xl mempunyai banyak cara masing - masing setiap orang , dalam membuat rencana anggaran biaya pun harus teliti supaya tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam menghitung rencana anggaran biaya tersebut.

Kenapa Rencana Anggaran Biaya Harus Dibuat?
Pada dasarnya rencana anggaran biaya merupakan kajian yang bisa kita lihat ataupun hasil yang bisa kita ketahui mulai dari mulainya suatu pekerjaan sampai akhir pekerjaan. Dengan mengetahui biaya yang telah direkayasa dan jadwal yang telah dimuat sehingga lama waktu pekerjaan tersebut kita ketahui.

Untuk masalah biaya bisa kita hitung dengan perkiraan dan harga satuan yang di pakai pada umumnya ,misalnya kita membuat rencana anggaran biaya untuk membangun suatu bangunan rumah, mungkinkah kita mengetahui berapa biaya bangunan tersebut dan lama waktu selesainya pekerjaan? 

Dengan menggunakan rencana anggaran biaya pasti kita biasa mengetahui masalah biayanya , dan untuk masalah perkiraan harga satuan pada bangunan biasa kita perhatikan gambar di bawah ini.
Perkiraan harga satuan berhubungan dengan uraian pekerjaan sehingga kita bisa mendapatkan total jumlah harga persatuan, seperti terlihat gambar diatas, jadi dengan membuat rencana anggaran biaya tidak begitu susah , begitu juga dengan jadwal pekerjaan bisa kita ketahui.

Kalau untuk  melihat contoh jadwal bisa kita perhatikan gambar di bawah ini, pada kurva ini kita bisa mengetahui kapan selesainya pekerjaan dengan kuantitas - kuantitas yang telah kita rencanakan sebelumnya, ini contoh kurva pelaksanaan pekerjaan 100 %
Inilah cara kita untuk belajar membuat rencana anggaran biaya , dengan contoh diatas mudah-mudah bisa menjadi ilmu sedikit dari ilmu teknik sipil indonesia semoga bermanfaat

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, August 25, 2015