Cara Cepat Menggambar Denah Rumah Dengan Autocad

Cara cepat menggambar dengan autocad, menggambar denah adalah tahap awal dalam teknik menggambar dengan menggunakan autocad. Belajar menggambar denah dengan cepat itulah yang di inginkan para teknik, tidak mau membuang - buang waktu ketika sudah mengambar atau mendesain yang namanya bangunan rumah perlu kecepatan. 

Kali ini saya akan memberikaln tips cara cepat mengambar denah rumah dengan menggunakan autocad, dengan menggunakan fungsi - fungsi yang ada dalam autocad kita bisa mengunakannya dengan cara sederhana.

Saya akan mengambil contoh gambar bangunan yang lantai satu tipe 54, dalam pengerjaan ini kita akan membuat ukuran kolom rumah dulu kita ambil aja ukuran kolom yang umum yaitu 25 x 25 dan untuk ketebalan dingdingnya 15. 

Langkah Pertama
Buatlah kolom yang ukuran 0,25 m x 0,25 m satu buah dalam lembar kerja autocad anda seperti terlihat pada gambar dibawah ini. 
Langkah Kedua
Tentukan jarak antar kolom berapa meter , untuk tahap belajar sekarang ini saya membuat jarak antar kolom 3 m . setelah itu kolom yang satu ini akan kita bentuk sesuai dengan ukuran denah rumah yang kita rencanakan , 9 m x 6 m untuk contoh gambar ini. 

Lalu kita akan mengunakan perintah array pada autocad dengan untuk cara cepat membagi jarak - jarak kolom yang satu dengan kolom yang lainnya. untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut ini.
Langkah Ketiga
Pada gambar diatas kita memilih rectangular array karena bentuk kolom yang kita bagi adalah persegi sedangkan untuk polar array bentuk kolom yang kita bagi adalah berbentuk lingkaran. lalu untuk contoh denah kita saat ini adalah rows adalah 4 dan untuk columns adalah 3.

Dan jangan lupa mengatur row offset dan columns offset nya dengan jarak 1 m, setelah itu klik select objects. Perintah ini mengarah kan anda ke objects yang telah kita gambar terdahulu yaitu kolom selanjutnya tekan Enter setelah menklik object kita. akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Langkah keempat
kolom kita sudah terbentuk dengan jarak 1 meter , ini untuk contoh kecil kalau skala besar maka jarak antar kolom bisa jadi 3 bahkan 6 meter, untuk langkah selanjutnya sudah gampang tinggal tarik garis as dari kolom yang satu dengan yang lain sehingga membentuk denah dan kolom yang tidak kita gunakan hapus aja. Lalu mainkan imajinasi untuk meletakan mana dapur dan mana kamar dan sebagainya, gampang dan cepat.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, August 24, 2015