Cara Membuat Hatch Pada Autocad

Cara membuat hatch ( arsiran ) pada autocad , menggambar di autocad dengan menggunakan arsiran, yang mempergunakan perintah hatch , perintah ini juga mempunyai pilihan pada autocad seperti memilih arsiran yang akan digunakan pada pilihan hatch pattren palette, yang bisa kita pilih jenis arsirannya pada autocad.

Bagaimana cara mengunakan hatch pada autocad ?
Cara menggunakan hatch pada autocad sangat gampang dan mudah , misalnya anda sudah menggambar bangunan yang akan anda berikan arsiran nya seperti arsiran batu bata, arsiran atap rumah, dan lain sebagainya

Cara cepat memunculkan perintah hatch
Adakah cara cepat untuk menampilkan perintah hatch, jelas ada dengan menggunakan tombol H + ENTER maka hatch akan muncul lalu kita tinggal memilih jenis arsiran yang akan kita gunakan pada gambar kerja kita.

Contoh cara menggunakan hatch pada autocad
Pertama - tama kita mengambil contoh yang sederhana saja dengan menggunakan rectanguler , circle, kalau untuk anda bisa memilih gambar kerja anda pada saat praktek menggunakan hatch tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini kita ada gambar rectanguler serta circle dan tampilan hatch.
Pada gambar diatas sudah terlihat tahap - tahap yang akan kita lakukan untuk memilih arsiran yang akan kita gunakan pada no.1 terlihat pilihan arsiran yang akan di pilih begitu juga pada gambar lingkaran pada no.2. 

Untuk memilih setiap hatch yang akan kita gunakan silahkan pilih add pick points, lalu pilih objek yang akan diberi arsiran misalnya anda mau membuat arsiran pada no.1 maka klik add pick point lalu klik ok - pilih objek no.1 begitu juga dengan no.2. Untuk hasilnya bisa anda perhatikan pada gambar dibawah ini.
Inilah sedikit tentang cara membuat hatch pada autocad, sebagai tambahan pada tampilan perintah hatch anda bisa memilih ukuran arsiran anda sesuai dengan skala gambar yang anda punya. semoga bermanfaat

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, August 31, 2015