Dynamic Cone Penetrometer Mekanika Tanah

Dynamic Cone Penetrometer pada laporan praktikum mekanika tanah ( mektan ) Jurusan teknik sipil, ini salah satu teori percobaan dan tujuan dilakukannya dynamic cone penetrometer, dalam pengujian ini mahasiswa harus lebih teliti supaya tidak ter jadi kesalahan.

Pengujian ini dimaksudkan untuk menentukan nilai CBR (California Bearing Ratio) sub grade, sub base atau base course sistem perkerasan , dilakukan secara cepat dan praktis sebagai pekerjaan qualitiy control pembuatan jalan.
Peralatan 
1. Pegangan DCP
2. Stang DCP 75cm
3. Hammer 10 kg
4. Penyambung batang
5. Batang DCP
6. Alat ukur (meteran)
7. Konus

Pada umumnya percobaan DCP dilaksanakan pada perencanaan atau pelaksanaan pekerjaan jalan. Untuk lebih lengkapnya , teori tentang CBR ini akan dibahas pada CBR laboratorium. Pada bagian ini akan dijelaskan prosedur untuk melakukan pengujian dan penilaian kekuatan tanah dasar dari jalan yang ada. Dengan menggunakan DCP dan juga menerangkan beberapa prosedur yang harus diikuti.

Persyaratan Untuk Menguji DPC
1. Keadaan Pukulan
2. Lokasi pada medan datar
3. Percobaannya dilakukan perkilometer atau satu percobaan perkilometer jalan.
4. Pada medan yang bergelombang dan membukit pada punggung (cembung) minimum 1 percobaan pada setiap lengkung cembung, atau untuk lembah menimum 1 percobaan untuk setiap kilometer.
5. Pada medan pegunungan , Seperti:
  • Cembung - 1 Percobaan Perlengkungan Cembung
  • Cekung - 1 Percobaan Perlengkapan Cekung
Penilaian CBR Rencana
Gambar distribusi CBR lapangan pada format formulir.

  • Hitunglah penetrasi dari setiap pukulan dari pembacaan ukuran, dan masukkan dalam kolom selisih penetrasi dalam satuan mm.
  • Untuk setiap pembacaan masukkan table CBR dengan mm atau pukulan dan bacalah nilai CBR yang paling dekat. 
  • Plot setiap CBR lapangan sebagai garis vertikal untuk kedalaman dari grafik masing – masing pukulan dengan tabel hubungan terhadap kedalaman CBR lapangan. 
  • Hubungan garis-garis vertikal dengan horizontal antara masing-masing pukulan supaya menghasilkan grafik distribusi.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Sunday, August 23, 2015