Kontraktor dan Konsultan Pengawas

Kontraktor dan konsultan pengawas, apa yang anda ketahui tentang kontraktor dan masalah konsultan pengawas lapangan? Dalam dunia pekerjaan teknik sipil kita akan menjumpai yang namanya siapa kontraktor nya siapa konsultan pengawas lapangannya.

Pada setiap proyek bangunan antara kontraktor dan konsultan harus bisa berkoordinasi dengan baik , dengan tujuan pekerjaan proyek tersebut lancar dan tidak ada kendala ataupun masalah - masalah yang timbul saat proyek tersebut selesai.

Siapa yang salah ketika bangunan runtuh?

Ini adalah tugas dari pada konsultan sebagai pengawas pekerjaan saat di lapangan, rencana kerja dan gambar kerja akan selalu ada pada konsultan pengawas agar pada saat pekerjaan berlangsung tidak ada kurang ataupun kesalahan-kesalahan yang tidak sesuai dengan yang telah direncanakan.
Kontraktor adalah sebagai pelaksananya dimana dia menyediakan tukang untuk melaksanakan proyek bangunan tersebut dan juga mempunyai tanggung jawab penuh kepada owner atas terlaksananya proyek bangunan.

Ketika kontraktor dan konsultan pengawas tidak berkoordinasi dengan baik atau pun tidak bisa bekerja sama dengan baik maka, akan banyak kendala-kendala yang timbul dalam menyelesaikan proyek bangunan yang telah di sepakati sebelumnya.

Dan kegagalan bisa terjadi kalau kontraktor dan konsultan pengawas seperti itu, maka waktu , biaya yang telah direncanakan dan di sepakati akan menjadi sebuah kerugian yang jatuh pada owner. Disamping itu owner juga bisa mengambil hak yang sama, dan tidak mau dirugikan maka kontraktorlah yang akan mengganti rugi semua biaya operasional serta waktu yang terlambat kepada owner karena itu memang tanggungjawab seorang kontraktor dalam menyelesaikan suatu proyek pekerjaan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Sunday, August 23, 2015