Mengatur Skala Pada Autocad

Mengatur skala pada autocad sering sekali menjadi pertanyaan pada kita semua, setelah selesai menggambar di autocad tentunya untuk mencetak atau memprint perlu kita ketahui karena kalau sudah mengambar tak bisa mengatur skala untuk hasil print yang di inginkan bisa jadi masalah besar gambar yang kita gambar pun akan sia - sia begitu saja.

Makanya pada autocad sudah ditentukan skala berapa yang kita inginkan untuk hasil print kita dan gambar kita pun bisa di baca oleh orang lain. Padaa kesempatan ini saya akan memberikan solusi bagaimana kita mengatur skala pada autocad.

Misalanya kita mempunyai gambar yang ingin kita skala sekarang saya akan mengambil contoh untuk mengambar tampak depan rumah yang berkala 1 : 100 perhatikan gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah tampak depan rumah yang siap kita atur skalanya menjadi skala 1:100, pada model autocad akan terlihat seperti itu , sekarang kita akan mengatur skala pada layout autocad, pada klik layout pada tampilan autocad yang anda, dan jangan lupa untuk mengatur kertas yang anda inginkan misalnya mengatur kertas pada A4 dan mengatur kertas pada A3. 

Untuk mengatur kertas tadi anda bisa klik kanan pada layout dan pilih menu page setup manager, dan modif kertas yang anda inginkan.

setalah pengaturan kertas selesai sekarang kita akan memanggil gambar kerja dari model ke layout dengan cara mengunakan perintah mview, anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.

Pada perintah mview kita akan memanggil gambar kerja kita yang dari model langkah terakhir kita hanya mengatur skala yang kita inginkan pada viewport untuk skala yang anda inginkan sudah tertera pada menu viewport yang tersedia di autocad anda, sekarang kita bisa print gambar kerja kita dengan skala yang kita inginkan misalnya gambar diatas skala 1 : 100

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, August 17, 2015

0 komentar:

Post a Comment