Cara Menghitung Luas Bangunan Dengan Autocad

Cara menghitung luas bangunan dengan autocad, pada pekerjaan teknik sipil dengan merencanakan gambar kerja autocad, kita dapat menghitung luas, keliling, serta volume area bangunan yang kita gambar pada autocad.

Saya akan coba menjelaskan cara ini dengan cara yang berbeda dan cepat tanpa perlu mencari menu - menu yang ada pada autocad. Cara menghitung luas bangunan dengan autocad yang saya sajikan pada artikel ini adalah dengan menggunakan keyboard komputer, tinggal ketik lalu enter.

Mungkin banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencari luas area pada autocad, salah satunya harus memilih menu - menu autocad dan mencari perintah - perintah autocad yang di gunakan dalam autocad tersebut, kalau mau langkah yang cepat coba simak cara yang satu ini cepat dan tidak memakan waktu.

Pada autocad tentunya kita perlu mengetahui luas area yang telah kita gambar , misalnya sudah melakukan pengukuran kelapangan lalu mengaplikasikannya ke dalam autocad, cara ini tidak khusus mencari luasan bangunan saja ,bisa juga seperti lahan dari hasil data ukur, permukiman, volume cross section jalan raya atau pada jembatan dan lain sebagainya.

Menghitung Luas Area
Saya akan mengambil contoh sederhana saja biar lebih mudah di pahami, kita akan menggunakan perbandingan antara perhitungan kalkulator dengan perhitungan autocad. Misalnya kita akan menghitung luas area persegi panjang dengan ukuran 20 x 10 meter pada kalkulator tentu jawabnya 200 meter. 

Untuk membuktikan ukuran yang sama 20 x 10 meter kita menggunakan dengan autocad dengan cepat , perhatikan gambar dibawah ini ukuran persegi panjang dengan ukuran 20 x 10 meter , langsung ketik Li + Enter lalu pilih objek lalu enter maka dapat hasil nya.
Pada gambar diatas lihat luas area adalah 200 meter,  cukup sederhana cara menggunakan Li + Enter, untuk menghitung luasan ini tak perlu capek - capek. Namun kalau untuk menghitung luas area yang tidak beraturan kita tidak bisa langsung memakai perintah tadi kita harus melakukan perintah Region Sehingga semua garis area yang mau kita hitung menyatu terlebih dahulu.

Contoh Menggunakan Region Object
Pada gambar dibawah ini garis satu sama lain belum menyatu, untuk menyatukan nya kita ketik REG + ENTER lalu block objek seperti dibawah ini.
Setelah region aktif maka block seluruh block object tersebut lalu Enter, maka object tersebut akan menyatu dari garis yang satu dengan yang lain. Maka kita bisa menghitung luas areanya dengan menggunakan perintah Li seperti diatas, untuk luas area gambar ini bisa dilihat pada gambar di bawah.
Inilah salah satu cara menghitung luas dengan menggunakan autocad masih banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menghitung luas area, tergantung setiap orang cara mana yang menurut nya gampang dan mudah , semoga tutorial autocad ini bermanfaat bagi anda.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, September 03, 2015