Fungsi Dan Bagian Pekerjaan Teknik Sipil

Fungsi dan bagian pekerjaan teknik sipil, dalam dunia teknik sipil terdapat berbagai macam fungsi atau tugas masing - masing pada bagian pekerjaan teknik sipil. Pada umumnya pekerjaan teknik sipil tidak dapat dilaksanaakan secara individu saja, namun pelaksanaan pekerjaan teknik sipil memerlukan tenaga kerja pada setiap orang yang mempunyai masing - masing fungsi sehingga terlaksanaanya pekerjaan tersebut.

Mungkin anda sudah tahu pada suatu pekerjaan proyek terdapat struktrur organisasi kerja adapun struktur organisasi itu mencakup setiap jabatan sehingga mengetahui fungsi dan tugas masing - masing ketika pekerjaan sedang berjalan.

Pihak Yang Terlibat Dalam Pekerjaan Proyek
  1. Owner / Pemilik Proyek Merupakan orang yang membutuhkan membutuhkan jasa dari penyedia jasa yang bersedia memfasilitasi serta mendanai pembiayaan pada suatu proyek yang ingin dilakasanakan. 
  2. Konsultan Pengawas Lapangan pengawas lapangan berfungsi sebagai mengawasi pekerjaan dilapangang dengan menyesuaikan hasil kerja dilapangan dengan rencana kerja. Pengawas lapangan membuat laporan kerja kepada pemimpin proyek dan bagaimana kemajuan pelakasanaan pekerjaan proyek tersebut.
  3. General Superintendent yang di tugas fungsikan dari pihak kontraktor sebagai pelaksana di lapangan dan bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan pekerjaan dilapangan. General superintendent juga berfungsi merancang dan melaksanakan pekerjaan di lapangan dan harus sesuai dengan kontrak.
  4. Site Engineer Manager bertugas menyesuaikan pelakasanaan pekerjaan dengan kontrak kerja, serta mempunyai tanggung jawab penuh dengan pekerjaaan teknik yang ada dilapangan.
  5. Site Operation Manager melaksanakan pekerjaan proyek sesuai dengan kontrak dan menkordinasi setiap pelakasana kerja supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan rencana pengendalian proyek.
  6. Pelaksana / Mandor Kerja melakasanakan pekerjaan dilapangan sesuai dengan rencana serta mengkoordinir pekerja serta membuat pekerjaan harian.
  7. Surveyor merupakan orang yang bertangguang jawab atas data pengukuran dilapangan serta membuat gambar dengan data hasil yang telah di ukur dilapangan.
Inilah sedikit bagian pekerjaan teknik sipil yang mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pekerjaan teknik sipil dilapangan semoga bermanfaat.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, September 16, 2015