Menghitung Volume Dari Titik Koordinat Autocad

Menghitung volume titik koordinat autocad, volume maupun luas bisa kita hitung berdasarkan titik koordinat x dan y pada autocad. perhitungan ini bisa dinamakan dengan perhitungan titik koordinat poligon tertutup, sering kita jumpa ketika menghitung luas bangunan , luas area , serta juga volume misalnya pada jalan raya, volume galian , timbunan , baik drainase maupun tanah.

Bagaimana menentukan titik koordinat object pada autocad?
Pada saat menggambar suatu objek pada autocad kita bisa melihat titik koordinat x dan y pada objek tersebut, misalnya kita ambil contoh untuk menghitung volume galian dan timbunan pada cross section jalan raya yang telah direncanakan.

Pada perhitungan galian dan timbunan kita bisa menghitung luas galian dan timbunan tersebut setelah kita menentukan letak tanah asli dan letak rencana jalan yang akan kita rencanakan , maka kita menghitung luas galian dan timbunannya. 

Dan untuk menentukan titik koordinat titik x dan y pada autocad kita hanya perlu melakukan beberapa perintah saja, yaitu membentuk garis polyline yang sesuai dengan gambar rencana, setelah objek tersebut aktif maka kita bisa melihat titik koordinat x dan y dan mengetahui luasnya. Sebagai contoh anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.
Coba perhatikan gambar diatas kita bisa menampilkan gambar seperti ini bisa anda baca pada artikel sebelumnya disini. Setelah anda membaca artikel tersebut kita bisa meneruskan artikel ini dengan menghitung volume nya dengan menggunakan microsoft office excel.

Dengan menggunakan perhitungan volume dengan menggunakan microsoft office excel kita bisa lebih cepat menghitung dari setiap titik koordinat yang terdapat pada autocad tadi, titik koordinat x dan y bisa kita pindahkan ke microsoft office excel.

Untuk rumus menentukan luasnya pada microsoft office excel banyak cara sehingga mengetahui luas nya di autocad sama dengan luas di excel dengan menggunakan titik koordinat. Mungkin anda sudah mempelajari rumus menghitung poligon tertutup, sebagai dasar panduan dengan cara sederhana, bisa menggunakan rumus berikut:
A1 = X1.Y2 + X2.Y3 + X3.Y4 + X4.Y5 ..... + XN.YN
A2 = Y1.X2 + Y2.X3 + Y3.X4 + Y4.X5 ..... + YN.XN
Luas A1 Dan A2 dapat maka hasil (A2-A1)/0,5 = Luas Objek anda. Ini adalah cara yang sederhana dan manual anda juga bisa menggunakan rumus yang tersedia pada microsoft office excel anda. Ketika suda mendapatkan luas maka pada galian dan timbunan yang akan kita hitung tadi tinggal dikalikan jarak antar titik atau misalnya dari STA.0+000 - STA.0+020 sama artinya dengan jarak 20 meter maka dikalikan dengan hasil luas yang anda dapatkan tadi semoga bermanfaat.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, September 17, 2015