Pengertian Sudut Azimuth, Jurusan, Koordinat Poligon

Pengertian Sudut Azimuth, Sudut Jurusan, dan perhitungan koordinat poligon, artikel ini mengenai dibahas dalam pengukuran theodolit. Saat pengukuran theodolit kita akan mengetahui dalam perhitungan sudut - sudut segitiga, sudut azimuth, sudut jurusan, serta perhitungan - perhitungan koordinat poligon.

Lalu bagaimana kita akan menentukan perhitungan sudut - sudut tersebut dan apa yang dimaksud sudut - sudut azimut, jurusan, koordinat poligon. Disini ilmu teknik sipil indonesia akan membahas satu persatu sudut - sudut dari hasil pengukuran theodolit.

Pada theodolit ada beberapa syarat yang perlu kita ketahui sebelum melakukan pengukuran di lapangan sehingga data yang diperoleh akurat. Berikut syarat yang harus kita penuhi:
  • Sumbu pertama harus tegak lurus
  • Sumbu kedua harus mendatar
  • Garis bidik harus tegak lurus pada sumbu kedua
Untuk menyatakan koordinat - koordinat titik diatas permukaan bumi, harus memakai sistem koordinat. Pada suatu peta koordinat suatu titik adalah jarak dari median nol, dinyatakan dengan sumbu x dan sumbu y.

Sumbu x sejajar dengan equator bumi yang arahnya utara - selatan. Koordinat titik dapat dihitung dari titik yang diketahui koordinatnya dan besar sudut jurusan yang diketahui titik yang di hitung. Untuk mencari dan menetapkan koordinat dan beberapa titik dilapangan dilakukan dengan cara menghitung koordinat.

Jaring - jaring segitiga harus diketahui dari salah satu titik diketahui koordinat nya misalnya titik ini telah ditentukan dengan cara mengikat kemuka dan ke belakang, ataupun diketahui karena merupakan salah satu titik suatu jaringan segitiga lainya. Panjang suatu sisi dan sudut jurusan sisi tersebut dapat diukur adalah sama dalam sudut - sudut segitiga.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sudut Azimuth?
Sudut azimuth merupakan sudut yang dimulai dari arah utara kutub bumi berputar searah jarum jam dan diakhiri pada ujung objektif titik bidik. Dengan alat dititik A dan titik B maka dapat di ukur Azimut AB.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sudut Jurusan?
Sudut jurusan merupakan sudut yang dimulai dari arah utara kutub bumi berputar searah jarum jam dan di akhiri pada ujung objektif titik bidik. Sudut jurusan pada titik - titik koordinat titik lain dapat dihitung dengan menggunakan satu sudut azimuth yang sudah diketahui dari suatu titik koordinat.

Apa Yang Dimaksud Dengan Koordinat Poligon?
Sudut poligon merupakan sudut azimuth yang telah diketahui titik koordinatnya, serta jarak azimuth maka dapat ditentukan titik koordinatnya dengan mengunakan rumus, 
Titik A ( Xa ; Xb ), Maka titik B dapat dihitung dengan menggunakan rumus: XB = XA + dAB Sin@AB Dan YB = YA + dAB Cos@AB
Inilah sedikit tentang sudut azimuth, jurusan, koordinat poligon, untuk rumus perhitungan - perhitungan susut - sudut diatas bisa didapatkan pada ilmu ukur tanah ilmu teknik sipil indonesia selanjutnya semoga artikel bermanfaat salam sipil. 

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, September 03, 2015