Cara Pembuatan Bekisting Kolom

Cara pembuatan bekisting kolom, dimana kita jumpai ini,? perlukah kita mempelajari tentang cara pembuatan bekisting kolom pada suatu bangunan, Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bekisting kolom adalah sebagai berikut
  • Menjaga kerapatan antar panel sehingga tidak terjadi kebocoran pada pertemuan antar panel.
  • Menjaga kebersihan permukaan plywood. Permukaan plywood sebelum digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dan diolesi dengan minyak pelumas agar dihasilkan permukaan kolom yang halus dan tidak berlubang-lubang dan juga akan mempermudah dalam pembongkaran bekisting.
Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bekisting kolom adalah:
  1. Plywood merupakan lapis permukaan dalam bekisting yang langsung bersentuhan dengan beton. Kondisi permukaan plywood akan berpengaruh langsung terhadap kualitas permukaan beton setelah pengecoran. Plywood yang digunakan yang tebal atau dinamakan finolite.
  2. Balok LVL merupakan balok kayu dan posisinya berada tepat dibelakang plywood berfungsi untuk menerima beban akibat pengecoran dari plywood.
  3. Steel waller  merupakan sabuk yang diletakkan pada sisi luuar balok LVL yang berfungsi untuk menerima beban dari balok LVL. Steel waller akan menyatukan panel-panel bekisting kolom dan juga sebagai penahan gaya horizontal yang timbul akibat tekanan beton yang masih basah. 
  4. Bracket +Push Pull Props adalah pipa penyangga bekisting yang berfungsi untuk mempertahankan posisi bekisting kolom sehingga tidak dapat bergerak karena sesuatu hal yang tidak diinginkan.
  5. Washer + M 16 Bolt merupakan baut yang berfungsi untuk mengikat/menempelkan balok LVL dengan waller beam. 
  6. Corner Tie Holder merupakan penyambung antara panel bekisting kolom yang ditempatkan pada ujung waller beam atau pada sudut-sudut bekisting kolom (pertemuan antar panel bekisting).
Pemasangan Bekisting 
Kolom Setelah tulangan kolom dipasang dan bekisting telah selesai dikerjakan di los kerja, langkah selanjutnya yaitu pemasangan bekisting kolom. Sebelum pemasangan bekisting kolom sebaiknya adalah dengan membuat sepatu kolom sesuai dengan tebal plat lantai. Satu set bekisting untuk kolom pada umumnya mempunyai tinggi 4 m. 


Setelah bekisting kolom terpasang harus dipasang dengan cara mengebor bekisting sesuai ukuran kawat pengikat, yaang dipasang dengan mengikatkan kawat pengikat kedua sisi kolom dengan kuat, yang berfungsi ketika pada saat pengecoran bekisting kolom tidak akan mengembang atau menghindari kebocoran pada sudut bekisting kolom. Bekisting dipasang langsung setelah sepatu kolom terpasang. Urutan pemasangan bekisting kolom adalah sebagai berikut:

  1. Pembersihan plywood dan mengolesinya dengan minyak pelumas.
  2. Pemindahan bekisting ke lokasi yang telah disiapkan dengan menggunakan tower crane atau mobil crane.
  3. Tempatkan bekisting kolom pada posisi kolom yang akan dicor dengan tepat.
  4. Apabila setiap panel telah berada posisi yang benar, maka dilakukan pengencangan tie nut yang berada pada corner tie holder.
  5. Setelah bekisting kolom berada pada posisi yang benar, dilakukan pemasangan adjustable push pull props pada base plate di kedua sisi kolom.
  6. Check posisi vertikal bekisting terhadap as kolom sehingga tidak terjadi kemiringan bekisting kolom. Pemasangan unting-unting pada kedua sisi bekisting berfungsi sebagai pengecek posisi vertikal bekisting.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, October 20, 2015

0 komentar:

Post a Comment