Contoh Alat Yang Digunakan Pekerjaan Sipil

Bebarapa contoh alat - alat yang digunakan dalam pekerjaan teknik sipil, alat - alat pekerjaan teknik sipil akan kita jumpai di lapangan saat melaksanakan pekerjaan tenik sipil, sebelum kelapangan ada baiknya anda mempelajari alat-alat apa saja yang di gunakan saat melaksanakan pekerjaan teknik sipil, dibawah ini ada beberapa contoh:

Excavator, backhoe atau shovel adalah suatu alat berat yang diperuntukkan memindahkan suatu material, sehingga dapat meringankan pekerjaan yang berat apabila dilakukan dengan tenaga manusia.Dan juga untuk mempercepat waktu pengerjaan sehingga dapat menghemat waktu.

Alat berat ini merupakan Alat berat yang paling dikenal oleh masyarakat, karena di setiap kegiatan pemindahan tanah mekanis selalu ada alat seperti ini. Alat ini adalah alat yang sering sekali digunakan dalam proyek bangunan, khususnya dalam masa awal proyek tersebut dimulai.


Fungsi excavator dalam hal penggalian dan pengerukan tanah menjadi penting dalam tahap awal proyek bangunan. Beberapa contoh proyek bangunan yang membutuhkan keberadaanexcavator adalah proyek pembuatan jalan raya, pembuatan sungai, pembuatan lantai dasar sebuah gedung, dan lain lain. Dump Truck adalah sejenis truk dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran normal dengan bak di bagian belakang yang berfungsi sebagai pengangkut bahan bangunan.

Dump Truck sering dijumpai pada proyek bangunan berskala besar.Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian Dump Truck, khususnya dalam pengerjaan galian tanah dimana lokasi proyeknya terdapat di area perkotaan.


Beberapa daerah hanya memberi ijin operasi pada Dump Truck pada malam hari.Hal ini sering ditemui pada proyek pengerjaan gedung bertingkat tinggi yang sering melakukan proyek galian tanah pada malam hari.Dengan adanya resiko mempengaruhi lancarnya arus transportasi dan kebersihan jalan raya, maka penggunaan Dump Truck harus memperhatikan kondisi area sekitar proyek.

Concrete Mixer (Molen) Untuk mengaduk beton dapat digunakan alat pengaduk mekanis yaitu Concrete Mixer (Molen). Dimana waktu untuk pengadukan campuran cor selama 1 menit sampai 1,5 menit. Yang perlu diperhatikan dalam pengadukan adalah hasil dari pengadukan dengan memperhatikan susunan dan warna yang sama.


Kereta Sorong Adukan beton yang telah diaduk rata akan dibawa ketempat dimana pengecoran dilakukan, hal ini dapat diangkut dengan kereta sorong. Cara ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah ketempat lokasi pengecoran sehingga tidak akan terjadi perbedaan waktu pengikatan yang terdahulu dengan pengecoran yang telah dilakukan. Selain itu kereta sorong berfungsi sebagai alat pengangkutan yang efisien untuk mengangkut bahan-bahan yang digunakan ketempat yang sulit dilalui kendaraan besar.

Concrete Pump (Pompa Beton) Concrete pump ialah alat yang digunakan untuk menghantarkan beton yang siap pakai ke tempat yang sulit dicapai dengan kereta sorong. Biasanya concrete pump dipakai untuk pengecoran lantai atas dan dalam jumlah yang banyak. Concrete pump menjadi alat penyalur beton dari molen ke tempat yang akan di cor.


Scaffolding Set, Perancah (scaffolding) atau steger merupakan konstruksi pembantu pada pekerjaan bangunan gedung.Perancah dibuat apabila pekerjaan bangunan gedung sudah mencapai ketinggian 2 meter dan tidak dapat dijangkau oleh pekerja. Perancah adalah work platform sementara.


Inilah beberapa contoh alat yang digunakan dalam pekerjaan teknik sipil, mudah-mudahan artikel diatas dapat membatu, ilmu teknik sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, October 19, 2015

0 komentar:

Post a Comment