Metodologi Kerja Praktek Teknik Sipil

Kebutuhan untuk membentuk Mahasiswa yang utuh dan siap pakai berujung pada dilakukannya pengamatan terhadap dunia kerja nyata dalam bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan Mahasiswa.

Dalam bangku perkuliahan, mahasiswa hanya dibekali teori-teori ilmu Teknik Sipil dan melihat gambaran umum saja tanpa melihat aplikasinya dilapangan. Pada dunia kerja nyata inilah banyak permasalahan-permasalahan yang muncul dan sudah tentu merupakan suatu ilmu baru yang tidak dapat selama bangku perkuliahan.


Untuk lebih mengetahui keadaan di lapangan, Mahasiswa perlu diberi kesempatan untuk mengamati dan mempelajari secara visual proses konstruksi di lapangan. 

Adapun metodologi yang digunakan dalam kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
  • Melakukan observasi dilapangan secara langsung agar dapat melihat secara lebih baik dan memahami permasalahan apa saja yang mungkin ditemui dalam satu proyek.
  • Melakukan interaksi langsung dengan orang-orang yang terlibat dalam proyek seperti site manager, quality control, office manager, drafter, surveyor, general superintendent, dan beberapa pekerja untuk mengetahui gambaran pekerjaan proyek yang sedang dilaksanakan dan menjadi modal utama sebelum melakukan observasi secara langsung.
  • Melakukan studi pustaka dengan bersumber dari buku-buku/literatur yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi dilapangan.
  • Melaporkan hasil pengamatan dan ilmu yang telah didapat selama kerja praktek dalam bentuk laporan.
Maksud dan Tujuan Kerja Praktek 
Maksud dari program Kerja Praktek ini adalah agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman nyata secara visual dari pelaksanaan konstruksi di lapangan serta membandingkan antara ilmu praktis lapangan dengan ilmu akademis selama perkuliahan. Adapun tujuan dari Kerja Praktek ini adalah :
  • Memperoleh pengalaman secara langsung dalam mengamati proses konstruksi yang sedang berjalan.
  • Mengetahui metode pelaksanaan pekerjaan pemasangan bekisting kolom di lapangan.
  • Memperoleh informasi, data, dan segala komponen dari proses konstruksi yang sedang dijalankan.
  • Mendapatkan gambaran tentang dunia konstruksi yang sesungguhnya.
  • Mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan di lapangan

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Sunday, October 18, 2015

0 komentar:

Post a Comment