Cara Membuat Mutual Check Nol ( MCO )

Cara membuat mutual check nol atau yang sering disebut dengan MCO, apa itu mutual check nol, mutual check nol akan kita jumpai pada saat melaksanakan suatu pekerjaan , mutual check nol dikenal dalam pekerjaan suatu proyek yaitu sebagai bentuk laporan setiap jenis uraian pekerjaan yang terdapat pada pekerjaan proyek.

Membuat mutuacl check nol pada umumnya akan di sesusaikan dengan standarisasi harga satuan yang telah di tetapkan pada prosesnya pembuatan mutual check berupa laporan persentase semua pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Pada mutual check nol terdapat beberapa bagian yang perlu diketahuia yakni 
  • Jenis uraian pekerjaan
  • Harga Satuan
  • Volume Kontrak
Pada jenis uraian pekerjaan yang kita kenal pada umumnya terdapat beberapa bagian yang akan di hitung seperti , mobilisasi, manajemen dan keselamatan, pengalaman lingkungan hidup, manajemen mutu.dan lain sebagainya.


Pada harga satuan pada umumnya kita mengenal yang namanya ukuran ataupun satuan misalnya, Ls, m, ton, kg, buah, jam, buah dan lain sebagainya

Pada volume kontrak , untuk volume kontrak ini pada umumnya juga sudah di tetapkan dan ini sangat berhubungan dengan harga satuan sehingga harga ataupun volume setiap pekerjaan dapat di pekirakan pada setiap jenis pekerjakan yang akan dilaksanakan.

Untuk lebih jelasnya mutual check nol ini sebuah bentuk laporan dari semua jenis pekerjaan antara kontrak kerja dan kajian teknis yang direncanakan dan akan dilaksanakan dilapangan. Jadi dengan membuat mutual check nol kita bisa mengetahuai setiap perbandingan dengan volume kontrak kerja dengan kajian tekniks yang akan dilaksanakan.

Dan persentase pekerjaan tambah kurang setiap pekerjaan di ketahui , perbandingan antara volume kontrak dengan kajian tekniks pada umumnya tidak jauh berbeda dan hasil antara volume kontrak dengan volume kajian teknik sama - sama 100 %.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, November 16, 2015