Faktor Penghambat Proyek

Apa yang menyebabkan proyek gagal, dan faktor penghambat proyek? dalam pelaksanaan proyek sering terjadi gagal dan bisa dikatakan kenapa bisa proyek tersebut bisa gagal, ini karena banyak dampak - dampak yang terjadi baik dilapangan proyek tersebut maupun diluar lapangan pekerjaan proyek. Kalau faktor alam tentunya kita sudah mengetahui apa - apa saja yang menjadi penghambat proyek , disini kita akan membahas tentang faktor penghambat proyek dari segi manajemen proyek itu sendiri.

Proyek terlaksana dengan baik karena adanya organisasi proyek yang baik dan koordinasi yang baik antara satu pihak dengan pihak lainnya yang berkaitan tentang pekerjaan proyek. Pada dasarnya proyek akan semakin lancar ketika adanya suatu struktur organisasi yang mengikat semua anggota mulai dari pimpinan proyek sampai keanggotaan proyek tersebut.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah masih ada faktor - faktor penghambat terlakasananya proyek meskipun sudah membentuk manajemen yang sudah mempunyai persetujuan dari semua pihak proyek yang berkaitan. 

Dibawah ini ada beberapa faktor penghambat proyek diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Sasaran dan pengarahan tentang proyek tidak jelas
  • Tidak cukup biaya , sumberdaya
  • Terjadi banyak konflik 
  • Tidak cukup perhatian dan kepedulian dari pemimpin
  • Jaringan kerja tidak terlihat jelas
  • Tujuan dan prioritas sering berubah
Faktor penghambat proyek diatas merupakan salah satu contoh yang harus di hindari , dalam sasaran dan pengarahan proyek itu harus jelas sehingga dalam melaksanakan pekerjaan proyek dapat terlaksana sesuai dengan perjanjian. 


Kalau bicara tentang biaya dan sumberdaya ini juga salah satu faktor yang berpengaruh dalam proyek , biaya merupakan faktor utama dalam terlaksananya proyek, salah satu contoh proyek konstruksi yang kekurangan biaya , sehingga proyek tersebut akan berhenti menunggu ada biaya untuk melanjutkan proyek tersebut.

Terjadi banyak konflik , hal ini sering terjadi pada saat pelaksanaan pekerjaan proyek dilapangan, macam konflik pun banyak, misalnya terjadinya konflik antara pekerja yang satu dan yang lain, terjadinya konflik antara penyedia jasa dengan masyarakat, atapun lembaga - lembaga masyrakat yang menentang pelaksanaan proyek tersebut. 

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, November 06, 2015

0 komentar:

Post a Comment