Prosedur Percobaan Theodolit

Prosedur percobaan theodolit , dalam praktikum ilmu ukur tanah ataupun survey pemetaan kita harus mengerti dahulu apa pengertian dan fungsi theodolit, serta bagaimana cara setting theodolit dilapangan dan juga bagian - bagian dari theodolit yang dapat kita jumpai dalam pengukuran ilmu ukur tanah.

Sebelum mengetahui langkah prosedur percobaan theodolit dilapangan , perlu kita ketahui cara - cara mengoperasikan atau cara menggunakan theodolit supaya saat pengambilan titik titik - titik pengukuran topografi dengan theodolit tidak salah.


Ada beberapa prosedur percobaan theodolit yaitu:
  • Terlebih dahulu kita menentukan lokasi , dan menentukan tiap - tiap titik yang didirikan patok secara vertikal  ( tegak lurus ) dan pada ujung atas ( penampang ) diberi tanda silang sebagai tanda titik bidik patok tersebut.
  • Menmpatkan pesawat theodolit tegak lurus dititik pertama lalu di arahkan ke titik terakhir dengan sudut di nol kan pada arah titik tersebut. Sekaligus melakukan pembacaan baak ukur yang digunakan untuk menghitung jarak kedua titik tersebut.
  • Memutar teropong searah jarum jam ke titik kedua kemudian baca sudut yang dibentuk arah tersebut pada alat yang menggunakan kaca pembesar dan lakukan pembacaan baak ukur pada titik kedua.
  • Untuk menentukan azimuth, mengarahkan teropong kearah utara dan nolkan sudut pada alat theodolit dan putar lah teropong searah jarum jam pada titik yang kedua. untuk pembacaan azimuth hanya dilakukan sekali saja.
  • Memindahkan alat ketitik dua, alat di setting terlebih dahulu maka teropong di arahkan ketitik pertama dengan sudut 0 derajat. Kemudian lakukan pembacaan baak ukur pada titik satu, lalu memutar teropong ketitik yang ketiga searah jarum jam, kemudian baca sudut yang dibentuk serta baca juga baak ukur.
  • Untuk titik selanjutnya dengan cara yang sama seperti pembacaan dan pengukuran pertama dan kedua, dan untuk penempatan titik yang terakhir hanya melakukan pembacaan sudut luar saja.
Pada prosedur percobaan theodolit diatas salah satu contoh pengukuran dari beberapa titik saja, dan untuk mengukur beberapa titik dan banyak bisa menggunakan prosedur percobaan diatas, dalam menentukan koordinat titik - titik poligon tertutup  serta mentukan luas poligon tertutup.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, November 19, 2015