Seorang Teknik Sipil Jangan Ceroboh

Seorang teknik sipil jangan ceroboh, hati-hati ketika dalam melaksanakan sebuah pekerjaan baik di lapangan maupun di kantor, seorang teknik sipil itu gak boleh ceroboh, kenapa gitu ya, memahami teknik pekerjaan yang dikerjaan oleh para engineer dengan berbagi pengalamam mereka dari tahun ke tahun bisa jadi pelajaran bagi kita yang masih memulai karier di bidang pekerjaan teknik sipil khususnya.

Jumpa di pekerjaan sama halnya kita, menggali lagi ilmu yang telah dipelajari saat berada di bangku kuliah, ceroboh nya teknik sipil akan mempengaruhi semua pekerjaan tersebut, bisa - bisa pekerjaan tak selesai dan bahkan perusahaan akan rugi dan tidak menguntunkan apa - apa dari pekerjaan yang dilaksanakan.

Salah satu hal penting menjaga kecerobohan.

Membaca Gambar
Tentunya dalam membaca gambar tidak asing lagi untuk teknik sipil, seorang teknik sipil harus bisa membaca gamabar yang telah disediakan oleh drafter atau orang yang membuta gambar yang akan digunakan di lapangan pada saat pelaksanaan pekerjaan, Jadi dalam membaca gambar tersebut harus harus hati - hati, apalagi posisi kita dipekerjaan tersebut sebagi konsultan pengawas, tugas ini harus benar dilaksanakan, karena banyak kejadian konstruksi pekerjaan selesai namun tidak sesuai dengan sket gambar yang di rencanakan.


Menghitung Volume
Setiap pekerjaan dibidang konstruksi teknik sipil, tentunya ada namanya menghitung volume bagi konstruksi jalan jembatan, gedung, bendungan, dan konstruksi lainya. pada umumnya orang yang menghitung volume adalah orang yang cerdas dan itu memang bagiannya, kalau perhitungan setiap volume pekerjaan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan bisa - bisa , jalan nya pekerjaan akan terbengkalai, misalnya masalah dana atau materi untuk volume - volume yang telah di hitung. Jadi ketika posisi pekerjaan kita menghitung setiap volume pekerjaan harus lebih berhati - hati karena sangat besar pengaruhnya pada hasil pekerjaan.

Membuat Laporan harian
Posisi pekerjaan seperti ini berpengaruh kepada pimpinan perusahaan dan pihak yang akan menandatangangi setiap hasil pekerjaan yang telah di kerjaakan di lapangan, kalau posisi kita pada untuk mebuat laporan harian , harus memang betul - betul terjadi di lapangan pada saat pelaksanaan pekerjaan proyek. Karena boleh memanipulasi pekerjaan yang telah terlaksana.

Masih banyak sih kecerobohan teknik sipil saat terjadi dilapangan, namun sebagai teknik sipil yang memang benar - benar bekerja secara profesional tidak akan melakukan sebuah kecerobohan yang mengakibatkan kerugian pada pihak - pihak yang terkait dalam pekerjaan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, November 11, 2015