Tujuan Dan Manajemen Keselamatan Kerja

Tujuan dan manajemen keselamatan kerja ( k3 ), pada dasarnya kita mengetahui apa tujuan dilakukananya keselamatan kerja dan bagaimana manajemen keselamatan kerja dalam melaksanakan suatu proyek, pada artikel ini kita akan membahas apa sih sebernarnya tujan dan manajemen keselamatan kerja ( k3 ) Serta prinsip - prinsip kesehatan dan keselamatan kerja ( k3 ).

Pengertian Keselamatan Kerja

Dalam pengertiannya baik secara jasmani dan rohani setiap manusia , pengertian keselamatan kerja merupakan salah satu yang bisa menjamin suatu keadaan, supaya terhindar dari kejadian - kejadian yang tidak di inginkan , ini sangat berpengaruh pada suatu kesejahteraan masyarakat yang pada umumnya dan untuk manusia pada khususnya, yang saat erat hubungannya dengan peralatan kerja, lokasi kerja ataupun lingkungan, serta sistem / cara melakukan suatu pekerjaa.

Bagaimana tentang kecelakaan kerja?

Kecelakaan kerja merupakan suatu kejadian yang berhubungan dengan kerja, termasuk suatu penyakit yang timbul pada suatu pekerjaan saat berhubungan dengan suatu kerja. Maka dari itu banyak cara yang perlu diperhatikan untuk mengatasi kecelakaan kerja saat dalam bekerja, supaya hal - hal yang tidak di inginkan tidak terjadi saat melakukan suatu pekerjaan.

Tujuan manajemen Keselamatan dan kesehatan kerja

Terjadinya hal - hal yang banyak terjadi pada suatu pekerjaan maka perlu adanya antisipasi keselamatan dan kesehatan kerja , supaya ketika dalam melaksanakan suatu pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi yang dapat merugikan semua pihak yang berhubungan dengan pekerjaan, adapun beberapa yang mungkin bisa menjadi tujuan adanya manajemen keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebagai berikut.
  • Terciptanya suatu pekerjaaan yang lancar
  • Terciptanya tempat kerja yang aman
  • Terciptanya pekerjaan yang efisien dan produktif
  • Kondisi dan lokasi yang terintegrasi dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja
  • Meningkatkan kondisi kesehatan kerja
  • Mengurangi serta mencegah k3 dan tidak menimbulkan kerugian ekonomis.

Pada penerapan yang manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, dapat memberikan dampak positif dan banyak mendapat keuntungan pada semua pihak, selain peningkatan produkrifitas kerja dan tetap terjaganya kesehatan dan keselamatan kerja, sehingga kinerja baik dan kecelakan kerja akan kurang dan kesehatan setiap pekerja tetap terjaga dengan aman dan baik.

Kenapa kesehatan pada pekerjaan harus tetap dijaga?

Pada dasarnya setiap pekerja mempunyai hak atas kesehatan dari sertiap perusahaan yang ditempatinya berkeja, selain menguntungkan pekerja perusahaan juga mendapatkan keuntungan kalau kesehatan setiap pekerja tetap terjaga.

Salah satu manajemen untuk kesehatan perlu yakni, mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat ditempat kerja, mengurangi penyakit yang timbul akibat kerja dan lingkungan kerja, menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan kerja dan masyarakat.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, November 30, 2015