Cara Membuat Rab Bangunan

Cara membuat Rab (Rencana Anggaran Biaya) , dengan menghitung RAB kita dapat mengetahui biaya yang dibutuhkan ketika ingin membangun suatu bangunan, Rencana anggaran biaya adalah salah satu hal yang sangat penting yang dilakukan pada suatu pembangunan konstruksi baik gedung, jembatan , rumah, dan bangunan - bangunan lainya.

Keuntungan membuat rencana anggaran biaya bangunan yakni dapat meminimalkan anggaran yang akan dikeluarkan pada saat merencanakan pembangunan suatu bangunan, maka dari itu perlu dalam pembuatan rencana anggaran biaya harus lebih rinci dan detail. Rab dapat dihitung dengan menggunakan microsoft excel dengan semua rencana - rencana anggaran yang direncanakan.

Dalam menghitunga rab juga banyak cara yang bisa kita lakukan , rencana anggaran biaya dapat kita hitung dengan mengetahui analisa harga satuan suatu bangunan, barang kali anda sudah mengenal yang nama analisa harga satuan yang bisa anda download pada situs yang mengupdate analisa harga satuan pada suatu bangunan gunakan yang terbaru.


Sebenarnya membuat rab itu tidak sulit hanya membutuhkan ketelitian saja , membuat rencana anggaran biaya mulai dari nol sampai selesai sampai membuat time schedule membutuhkan waktu yang lama, tapi kalau kita bersabar dan teliti pasti berhasil membuat rencana anggaran biaya bangunan.

Konsep Membuat Rab
  • Menghitung per harga satuan
  • Menghitung per meter persegi
  • Menentukan type rumah dan lantai - untuk rab bangunan rumah
  • Menghitung Volume
Menghitung per harga satuan.
Menghitung per harga satuan didasarkan pada daftar pekerjaan, desain gambar kerja, bahan material yang digunakan pada bangunan, seluruh yang berhubungan dengan bangunan yang telah ditentukan harga satuan. Tak perlu kuatir masalah menghitung per harga satuan dapat di analisa berdasarkan apa yang akan dikerjakan dalam suatu banguan.

Menghitung per meter persegi
Menghitung per meter persegi dengan perhitungan ini setiap wilayah bangunan mempunyai ukuran yang berbeda-beda  sehingga kita dapat mengasumsikan hasil perhitungan yang satu dengan yang lainya. Anda ingin menghitung harga rumah yang akan di banguan dengan luas bangunan 8 m x 12 m = 96 m persegi, dengan harga satuan Rp. 3.000.000,00 /m persegi. Maka dengan mengalikan harga satuan dan luas bangunan rumah akan mendapatkan dana yang dibutuhkan yaitu 96 x 3.000.000 = Rp. 288.000.000,00.

Menentukan type dan jumlah lantai - untuk rab bangunan rumah
Dengan menentukan type dan jumlah lantai kita bisa mengetahui dana yang akan di keluarkan pada bangunan tersebut, misalnya dengan type rumah 96 dan type rumah 150 tentu akan berbeda ukuran dan jumlah lantainya, dengan type 96 mungkin anda merencanakan satu lantai sedangkan untuk type 150 anda merencanakan dua lantai. Dalam pembuatan rab dengan type yang berbeda tentu akan memiliki kebutuhan - kebutuhan yang berbada juga sehingga ada perbandingan diantara kedua type.

Menghitung Volume
Setiap pekerjaan pada bangunan harus dihitung volumenya sehingga hasil perhitungan setiap volume pekerjaan dapat di jumlahkan dengan perkalian harga satuan yang telah ditentukan. Menghitung setiap volume perlu dengan teliti dengan detail sehingga jumlah dari pada semua volume tidak meleset dari dana yang telah di minimalkan.

Dalam membuat rab bangunan , banyak terjadi hal yang dapat menguntukan pribadi namun hal ini supaya di hindari supaya dengan berdirinya bangunan tidak merugikan pemilik pekerjaan tersebut, dan juga tidak merugikan orang yang menghitung rab bangunan ketika saat berjalanya proses pembangunan. Maka dengan teliti membuat rab dan sedetail mungkin dapat memudahkan terlaksananya pekerjaan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, March 16, 2016

0 komentar:

Post a Comment