Cara Menggambar Rumah

Tips dan cara menggambar rumah, desain rumah sederhana minimalis dengan cara kita sendiri merupakan suatu hal yang tidak telalu sulit, merencanakan rumah untuk kita sendiri ataupun menggambar rumah sesuai dengan permintaan pemiliknya, tentu kita harus punya tahapan untuk mencapai supaya rumah yang kita gambar bisa di jadikan sebagai landasan utama terbagunnya rumah tersebut, dalam mengambar rumah juga perlu gagasan - gagasan atau rancangan yang matang sehingga bentuk dan tata letak rumah yang akan dibangun sesuai dengan yang inginkan.

Jika anda bukan seorang engineer apakah bisa medesain rumah idaman anda? tentu bisa, banyak hal yang bisa menarik ketika rumah yang anda rancang sesuai keinginan anda dapat di terima oleh orang sipil, sebagai tambahan anda juga bisa bertanya kepada orang yang ahli dalam merancang bangunan rumah.

Langkah yang perlu dilakukan sebelum menggambar rumah.

Tinjau Lokasi
Pentingnya meninjau lokasi yang akan dibangun rumah, tujuan dilakukan peninjauan lokasi adalah salah satu yang terpenting sebelum menggambar dan membangun rumah supaya mengetahui ukuran dan jenis bangunan yang akan dibanguan pada lokasi tersebut.

Menentukan Tipe Rumah
Rumah yang akan di gambar harus ditentukan tipe atau ukurannya, misalnya ukuran tanah dilokasi 14 m x 8 m, maka untuk rumah bisa de bangun dengan ukuruan 12 m x 6 m. Ukuran yang telah ditentukan dapat memulai untuk menggambar rumah.

Langkah Untuk Menggambar Rumah
Setelah mengetahui lokasi dan ukuran rumah yang akan dibangun , maka langkah selanjutnya adalah menggambar dan meluangkan waktu untuk mencari referensi bentuk - bentuk rumah dari media yang menyediakan contoh rumah.

Menyediakan Alat Gambar
Sediakan alat gambar seperlunya yang dibutuhkan untuk memulai mengambar denah rumah anda, gambar dengan rumah dengan menentukan tata letak yang sesuai dengan keinginan, tata letak pintu , jendela , kamar tidur , dapur serta ruang yang masih dibutuhkan di dalam denah tersebut sehingga tidak ada ruangan yang kosong yang tidak bermanfaat.

Menentukan Tampak Rumah
Dalam menentukan tampak rumah sering terjadi kesalahan setelah rumah dihuni dan penghuni rumah tidak merasa nyaman tinggal didalam rumah tersebut. Anda harus mengetahui keadaan tampak depan, tampak samping serta tampak belakang, Jika rumah yang akan anda bangun tidak menyatu dengan dinding rumah yang akan menjadi tetangga anda, masalah tampak tidak akan menjadi persoalan saat rumah tersebut akan di huni.

Bagaimana kalau berdekatan dan malah menyatu dengan dinding tetangga maka tampak samping akan menjadi masalah bagi anda, dimana anda tidak boleh membuat jendela ataupun fentilasi pada didinding tersebut, jika dibuatpun tidak ada gunanya.

Mengetahui Arah Matahari
Kenapa perlu mengetahui arah matahari dalam menggambar rumah , pada denah yang akan anda gambar  harus menentukan dimana arah utara, sehingga kita mengetahui arah terbit dan terbenamnya matahari, ini bertujuan supaya orang yang akan tinggal didalam rumah akan merasa nyaman tidak merasa terganggu dengan panasnya sinar matahari  pada pagi dan saat menjelang sore.

Letak pintu terlebih pada jendela tidak perlu letaknya searah dengang terbitnya matahari dan terbenamnya matahari, jika letaknya searah baik di pagi hari maupun sore hari sinar panas matahari akan masuk melalui ruang tersebut sehingga isi daripada rumah tersebut akan terasa panas.

Membuat Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara merupakan proses pergantian udara yang ada didalam rumah dan dari luar rumah, dengan bergantinya udara maka tidak merasakan udara yang berasal dari rumah saja, apalagi rumah anda terbuat dari beton , jika anda tidak membuat letak sirkulasi udara pada dinding rumah anda maka aroma dari pada dinding yang memuai oleh sinar matahari akan menetap didalam rumah dan anda tidak akan merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Struktur dan Dimensi 
Pastikan bahwa pada kolom dan balok tidak berlebihan pada gambar anda, dan harus di sesuaikan dengan ukuran dingding rumah, begitu juga dengan lantai dan atap, setiap struktur memiliki ukuran berbeda yang bisa dipadukan dengan semua struktur yang ada didalamnya.

Inilah dasar cara menggambar rumah, masih banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menggambar rumah, itu tergantung pada gagasan dan cara kita menggambarnya yang terpenting dalam mengamba rumah adalah bagaimana supaya orang yang tinggal didalam rumah tersebut akan merasa nyaman dan tidak terganggu.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, March 10, 2016

0 komentar:

Post a Comment