Fungsi Box Culvert

Box Culvert merupakan beton bertulang pra cetak yang berbentuk segi empat mempunyai spigot dan socket. Fungsi dari spigot dan socket adalah dimana box culvert kedap terhadap masuknya air tanah atau eksfiltrasi , yang akan tetap menyatu walaupun terjadi pergeseran tanah. Kegunaan box culvert pada umumnya digunakan pada saluran drainase ukuran besar seperti pada jembatan.

Dalam kata lain box culvert itu adalah gorong - gorong beton yang di bentuk di pabrik ataupun sebagian besar bisa di cor ditempat , bentuk ukuran maupun dimensi box culvert tergantung daripada debit air yang di alirkan terhadap box culvert tersebut.box culvert bisa berbentuk trapesium, persegi maupun bulat.

Pada jalan raya dan jembatan box culvert dapat membantu sebagai saluran air dan penggunaan box culvert dapat mempercepat pekerjaan ketika ada renovasi pada pembangunan jalan maupun jembatan dan dapat dirancang sedimikian rupa sesuai dengan kebutuhan dilapangan.

Box culvert dapat dibuat dari berbagai jenis material diantaranya adalah , baja, polyvinyl, chlorida (PVC) atau dari beton. Box culvert yang dipakai untuk membawa aliran air ataupun saluran irigasi/pembuang yang melewati bagian bawah jalan yang biasanya disebut saluran. 


Pada penggunaannya box culvert baja sangat menguntungkan dibanding dengan penggunaan kayu, dimana box culvert baja memiliki fungsi yang sering dinamakan multi plate pipe yang menggantikan penggunaan kayu dan box culvert beton, adapun keuntungannya adalah sebagai berikut.
  • Harga relatif lebih murah
  • Penempatan bisa berpindah
  • Mudah dalam masalah transportasi
  • Memiliki umur penggunaan
  • Tidak perlu tenaga ahli
  • Tidak memakan waktu pengerjaan
Pada dasarnya box culvert tidak berbeda dengan beton cor yang biasa, namun yang membedakan adalah proses pembauatannya. sehingga pengerjaan lebih mudah dan efisein ketika mengatasi adanya suatu jalan atau jembatan yang putus.

Box culvert selalu menjadi bagian dari pekerjaan yang lebih cepat dibandingan dengan pembautan box culvert di lapangan, misalnya terjadi masalah dengan saluran drainase dilapangan , dengan mencor box culvert ditempat tentu membutuhkan waktu yang sangat lama, dan bisa menggangu pengguna jalan raya yang melewati perbaikan drainase tersebut, bagaimana kalau kapasitas jalan raya pada daerah perbaikan memiliki jumlah yang banyak, maka akan ada dampak kemacetan pada jalan tersebut. 

Maka dari itu penggunaan box culvert yang di cetak di pabrik atau perusahaan yang menyediakan box culvert tak perlu membutuhkan waktu yang lama, dan dampak terhadap kemacetan jalan raya yang sedang diperbaiki tidak terganggu.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, March 17, 2016

0 komentar:

Post a Comment