Mengganti Teks Autocad Sesuai Selera

Tutorial menganti teks autocad sesuai selera, teks pada autocad merupakan salah satu keterangan yang kita gunakan yang menerangkan gambar yang telah kita gambar pada autocad. Pada autocad terdapat teks yang sudah merupakan pengaturan dari autocad itu sendiri, yakni teks standart dan annotative.

Pada tutorial ini saya ingin menjelaskan membuat teks sesuai dengan selera kita, baik ukuran teks, dan jenis huruf teks, cara ini memudahkan kita memakai teks berdasarkan skala yang kita buat dan tidak perlu lagi mengatur ulang teks jika skala berubah, karena teks dan skala sudah diatur sebelumnya.

Untuk memulainya hal yang harus perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
Untuk mengatur teks yang kita inginkan cukup dengan memperhatikan yang tiga diatas pasti sudah bisa , sebagai contoh bisa perhatikan dibawah ini.

Langkah pertama
Pilih menu dimension - klik dimension style akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Mengganti Teks Autocad Sesuai Selera
Pada gambar diatas terlihat current dimension style : scala 100  yang artinya kita memilih nama scala 100 untuk di modify, jika pada autocad anda belum ada nama anda bisa klik new untuk membuat nama baru. Jika sudah membuat nama baru maka klik Modify akan tampil gambar di bawah ini.

Mengganti Teks Autocad Sesuai Selera
Langkah kedua
Perhatikan gambar diatas karena kita tadi modify nama scala 100 , maka kita mengatur untuk modify dimension style scala 100 seperti gambar diatas. Pilih menu text lalu klik Text Style yang berwarna merah gambar diatas.

Langkah ketiga
Untuk text style anda bisa membuat nama baru untuk jenis huruf yang akan anda pakai, pada tanda panah merah diatas menunjukkan bahwa teks yang akan dimodify adalah text annotative. anda bisa membuat nama baru dengan mengklik new dan pilih jenis huruf pada font name dan ketebalan huruf  font style, lalu klik Apply.

Untuk memulai apakah teks yang sudah diatur sudah siap digunakan langsung saja tekan T atau MT lalu Enter, tampak seperti gambar di bawah ini.

Mengganti Teks Autocad Sesuai Selera
Pada sisi kiri adalah teks yang telah diatur dan siap digunakan dan kita juga masih bisa mengubah ukuran teks jika pada saat pengaturan ukuran yang anda buat terlalu kecil ataupun kebesaran, inilah sedikit tutorial mengganti teks autocad sesuai selera mudah - mudahan bermanfaat.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, March 30, 2016

0 komentar:

Post a Comment