Tugas Dan Tanggung Jawab Supervisor Lapangan

Supervisor adalah salah satu pekerjaan seorang teknik sipil yang dapat menyelesaikan suatu masalah pekerjaan yang ada di lapangan tanpa mengikut sertakan atasan seorang supervisor maupun managernya. Supervisor juga bertugas membantu tugas staf bawahan, dan mengatasi masalah dari staff yang ingin disampaikan kepada manager.

Supervisor juga mempunyai multifungsi terhadap staf bawahannya atas jabatan bawahannya , penghargaan , serta memberikan sangsi kepada bawahannya atas tindakan kesalahan yang dilakukan staf. Untuk bagian tugas - tugas dari pada staf adalah bagian dari pengawasan daripada seorang supervisor.

Dalam intinya seorang supervisor adalah bawahan dari manager, jika masalah pekerjaan bisa diatasi tanpa campur tangan manager maka supervisor dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya supervisor dapat mengambil suatu keputusan bersama manager jika membutuhkan bantuan dari managernya.

Kedudukan seorang supervisor adalah kedudukan yang unik dalam suatu perusahaan , dengan kata lain hubungan supervisor dengan staf harus dijaga begitu juga dengan hubungan manager kepada staf atas peran yang dimiliki oleh seorang supervisor.

Dalam beberapa perusahan yang bergerak dibidang konstruksi pekerjaan proyek ada hal yang perlu di perhatikan seorang supervisor ketika turun kelapangan yakni.
  • Melakukan pengawasan pekerjaan yang dilakukan dilapangan
  • Menanggapi segala masalah pekerjaan dari costumer/ kontraktor apabila ada pertanyaan atas proses pekerjaan.
  • Mempertimbangkan hasil pekerjaan atau mengecek pekerjaan pada badan tertentu
  • Mengetahui tujuan segala pekerjaan di lapangan
Pada pekerjaan konstruksi seorang supervisor juga harus bisa memahami gambar pelaksanaan pekerjaan , dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan, memberikan pemecahan masalah atas kesulitan - kesulitan yang terjadi pada proses pelaksanaan pekerjaan, membuat suatu laporan harian serta bertanggung jawab atas segala pekerjaan yang terjadi dilapangan.

Supervisor Mengawasi Kualitas Pekerjaan
Dalam suatu pekerjaan dilapangan perlu diketahui seorang supervisor , peran pengawasan sangat penting dilakukan saat proses pekerjaan dilaksanakan, mengapa perlu diawasi? banyak hal yang dilakukan mencapai keuntungan pribadi dari pihak yang melaksanakan pekerjaan bisa - bisa tidak sesuai dengan hasil rencana yang telah disepakati dalam perjanjian kontrak kerja. 

Maka diperlukan peran seorang tugas supervisor disini, kualitas setiap pekerjaan harus diperiksa, misalanya mutu beton, campuran material, besi, dan semua yang berhubungan dengan pekerjaan saat proses terlaksananya pekerjaan.

Supervisor Bertanggung Jawab Hasil Pekerjaan
Dalam mencapai tanggung jawab dengan hasil pekerjaan yang sesuai dengan perencanaan , maka supervisor melakukan pengawasaan setiap saat pekerjaan dilaksanaakan tanpa melakukan pengawasan dapat mengakibatkan kerugian pada pihak tertentu dan bahkan mendapatkan keuntungan kepada pihak yang mengambil keuntunan pribadi mereka. Misalnya mengurangi standart yang direncanakan , seperti perhitungan - perhitungan dan lain sebagainya.

Supervisor Membuat Laporan Harian
Membuat laporan harian dilaksanakan guna untuk mengetahui perkembangan terlakasananya pekerjaan proyek, serta mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan kemajuan proyek pekerjaan sehingga laporan harian penting.

Sebagai tambahan supervisor juga harus mempunyai keahlian dalam mimimpin dan sebagai motivator dalam memecahkan masalah yang ada. Memahami masalah tekniks yang terjadi dilapangan, dapat dipercaya, punya pendirian yang tetap dan percaya diri dan tidak merugikan pihak yang terlibat dalam proyek.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, March 14, 2016

0 komentar:

Post a Comment