Jangan Ganti Profesi Setelah Lulus Kuliah

Banyak orang mengalami hal bahwa setelah lulus kuliah memiliki pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan yang di ambil saat berada di bangku kuliah, hal ini sering kita jumpai dari beberapa orang yang sudah mempunyai pengalaman di dunia kerja. 

Pekerjaan yang sesuai di bidang yang kita pilih saat kuliah bisa beralih pada suatu pekerjaan yang tidak sama sekali kita pelajari saat kuliah , contoh pekerjaan ini sangat banyak dan berbagai macam jenis pekerjaan yang bisa di lakukan di dunia kerja.

Faktor Ganti Profesi
Salah satu faktor ganti profesi terdapat pada diri sendiri , ketika orang telah mengambil suatu keputusan untuk kuliah dan memilih salah satu jurusan yang diminati, berarti tujuan tertentu pada jurusan yang dipilih , dan sudah mengetahui prospek pekerjaan setelah lulus kuliah sudah di ketahui, namun hal ini sering melenceng setelah lulus kuliah.

Setelah lulus kuliah memang sudah bekerja tapi bagaimana pekerjaan yang dimiliki tidak sesuai dengan jurusan nya, ini sangat disayangkan. Ketika masa - masa kuliah berbagai hal rintangan - rintangan di lewati dan begitu susahnya menyelesaikan sarjana dan bahkan usia bertambah juga memakan waktu tidak begitu singkat, setelah menyelesaikan kuliah malah memiliki pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan , kalau pekerjaannya membuka usaha atau pun melanjutkan perusahaan keluarga tidak menjadi masalah. Namun yang disayangkan adalah pekerjaan yang dimiliki juga bagian dari pekerjaan yang setara dengan lulusan sekolah menengah.

Mungkin beberapa orang berpendapat , nasib seseorang itu berbeda - beda jalannya, ya memang benar tapi yang menentukan nasib baik adalah diri sendiri , terkadang banyak orang yang berfikir bahwa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, namun ini akan sia - sia kalau tidak ada usaha untuk mencari.

Saat berjumpa dengan teman lama , bercerita dengan dunia pekerjaan dan berbagi pengalaman saat bekerja di kota yang berbeda, 

Setelah lulus dari salah satu universitas swasta di jakarta jurusan teknik sipil, tidak berapa lama beliau memiliki pekerjaan yang sebagai pengawas di lapangan pada salah satu proyek mereka yang selalu pindah - pindah tempat sekitar wilayah Indonesia.

Pekerjaan ini tidak berat namun ada beberapa yang membuat kesal buat dia adalah karena bekerja tidak pada satu wilayah saja atau menetap selalu di satu daerah, tapi yang namanya pengawas lapangan harus siap tempur terjun kelapangan dan menetap disana sampai proyek selesai, mungkin teman saya tidak suka berpetualang.

Tidak lama teman saya mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja nya alasannya ingin mencari pekerjaan yang lain saja, dengan semangat kembali lagi di bekerja di salah satu perusahaan dan bekerja beberapa tidak sampai satu tahun mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

saya tidak tau kenapa terlalu mudah baginya untuk mengundurkan diri pada suatu perusahaan apakah pada saat melamar kerja pada suatu perusahaan mudah baginya. Singkat cerita teman saya bilang bahwa dia tidak bisa tahan berlama - lama bekerja pada suatu perusahaan dan setelah membandingkan gajinya dulu saat pertama kerja lebih besar dibanding dengan pekerjaan yang kedua, dalam hati saya bertanya sudah punya pengalaman kok gajinya makin turun.

Ternyata dia bekerja di pekerjaan perusahaan kedua karena sudah berbulan tidak bekerja setelah mengundurkan diri akhirnya dia memutuskan untuk bekerja disana walaupun gaji nya lebih sedikit dari pada gaji nya di perusahaan pertama.

Kedua perusahaan telah dilewati dan sekarang dia berganti profesi bekerja di sebuah toko komputer sebagai karyawan. Sangat disayangkan apakah pekerjaan seperti jurusan yang dia punya itu sangat membosankan dan capek? Tapi saya rasa tidak ya, semua pekerjaan membutuhkan tenaga dan waktu tergantung kita bisa bertahan pada pekerjaan yang kita miliki.

Inilah sedikit curhatan tentang masalah kuliah dan dunia pekerjaan , ya semoga dengan berbagi pengalaman dengan saudara - saudara , bisa menemukan titik terangnya kehidupan kedepan nantinya.
Kalau boleh jangan ganti profesi setelah lulus kuliah , bertahan dan majulah terus.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Saturday, April 16, 2016

0 komentar:

Post a Comment